Dandim Kukuhkan Saka Wira Kartika

PURWOREJO (KRjogja.com) – Ratusan pramuka penggalang dan penegak di wilayah Kecamatan Butuh dikukuhkan menjadi Saka Wira Kartika, di lapangan SMA 11 Purworejo, Senin (21/11/2016). Para pramuka itu diminta kesiapannya untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pengukuhan 300 pramuka menjadi Saka Wira Kartika Butuh dilakukan Dandim 0708 Purworejo Letkol Inf Aswin Kartawijaya, ditandai penyematkan tanda saka dan menyiram air bunga kepada perwakilan pramuka.

Letkol Aswin mengatakan, setiap pelajar anggota Saka Wira Kartika harus mampu menguasai berbagai kompetensi kepanduan. "Tentu harus menjadi kegiatan positif yang nantinya bisa bermanfaat untuk adik-adik ketika dewasa kelak," ujarnya kepada KRjogja.com.

Menurutnya, reformasi tahun 1998 membawa perubahan signifikan bagi masyarakat Indonesia. Keran informasi dibuka seluas-luasnya dan ibarat memiliki dua sisi mata uang. Satu sisi memberi nilai positif karena masyarakat bisa mengakses berbagai informasi. Namun di sisi lain bisa merugikan apabila informasi yang diserap adalah sesuatu yang  negatif. 

"Tantangan generasi muda sekarang adalah globalisasi, selain hal positif ada banyak kerugiannya, narkoba misalnya. Jadi harus bijak menyikapi globalisasi, penuhi dengan kegiatan positif untuk mencegah hal-hal negatif," tegasnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI