Darurat, Rehab Jembatan Sungai Jatinegara Tanpa Lelang

Editor: KRjogja/Gus

KEBUMEN (KRJOGJA.com) – Rehab jembatan Sungai Jatinegara di Desa Rogodono  Kecamatan Buayan Kebumen yang rusak pada Rabu (18/10) sore lalu, oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen dianggap sangat mendesak untuk segera direalisasi. Karena itu, Pemkab Kebumen memutuskan pelaksanaan rehabnya tanpa melewati proses pelelangan atau dengan penunjukkan langsung.

" Fungsi jembatan ini sangat penting karena menghubungkan tiga kecamatan, yaitu Gombong, Buayan dan Ayah. Bila menggunakan proses pelelangan akan memakan waktu yang lama, minimal satu bulan sejak pengumuman pendaftaran  sampai pengumuman pemenangnya, ditambah proses administrasi lainnya," ujar Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kebumen, Hanna Widiawati MT, di ruang kerjanya, Rabu (25/10/2017).

Keputusan menggunakan sistem penunjukkan langsung tersebut menurut Hanna semata-mata agar kelancaran arus lalu-lintas antar 3 kecamatan tersebut  bisa segera pulih kembali. Apalagi, jembatan tersebut berada di ruas jalan yang menghubungkan Gombong dengan sejumlah obyek wisata di Kecamatan Ayah  seperti Goa Jatijajar dan Pantai Logending.

" Ternyata setelah kami periksa, kerangka jembatan masih utuh tanpa  kerusakan sedikit pun. Yang rusak parah adalah bagian bahu jembatan dan longsornya tebing di samping bahu jembatan akibat terjangan arus sungai.  Sedangkan badan jalan yang ambrol tidak berada pada kerangka jembatan  melainkan pada bahu jembatannya," ujar Hanna.

Menurut Hanna, syarat untuk penanganan rehab dengan penunjukkan langsung adalah nilai proyek tak boleh lebih dari Rp 200 juta dan sangat mendesak untuk ditangani.

" Mengingat kerangka jembatannya utuh dan kerusakan hanya di bagian bahu  jembatan dan tebing sungai, maka secara teknis bisa diatasi dengan anggaran maksimal Rp 200 juta tersebut. Selain memperbaiki bahu jembatan, di bagian tebing longsor akan dibronjong dan dibeton dan pekerjaan rehab bisa dimulai minggu ini juga," jelas Hanna. (Dwi) 

BERITA REKOMENDASI