DD untuk Masyarakat Miskin Baru Terserap 5 Persen

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO (KRjogja.com) – Berbagai upaya untuk penanggulangan kemiskinan di wilayah Kabupaten Purworejo terus dilakukan. Kerjasama lintas instansi dan lembaga lain seperti PKK ikut berperan dalam pemberdayaan masyarakat. Namun hingga kini jumlah keluarga miskin di Purworejo masih cukup banyak. Bahkan masih terdapat 53 desa masuk zona merah, atau desa miskin.

“Desa merah ini sudah turun dari sebelumnya sebanyak 56 desa yang tersebar di seluruh wilayah kecamatan yang ada di Purworejo,”  kata Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Purworejo Sri Wahyuningsih SSos pada pelatihan peningkatan mutu kader PKK, bagi desa/kelurahan binaan desa merah dan desa Program Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Gender (P2MBG) di pendapa rumah dinas bupati setempat, Rabu (21/3).

Kegiatan yang dibuka Ketua Tim Penggerak PKK Purworejo Ny Fatimah Verena Prihastyari ini dihadiri perwakilan dari TP PKK berbadai desa se Kabupaten Purworejo. Pada kesempatan itu juga diberikan bantuan pembinaan bagi desa merah.

Menurut Sri Wahyuningsih,  di Purworejo terdapat sekitar 3.456 kader PKK yang tersebar di berbagai lini. “Kader harus mampu bekerjasama dengan pemerintah desa untuk bersama-sama mensejahterakan masyarakat, terlebih sekarang ada dana desa (DD) yang cukup besar, diantaranya dapat untuk kegiatan kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.

Dikatakan pula, hingga saat ini DD yang dimanfaatkan untuk kegiatan peningkatan kesejahteraan masyarakat baru sekitar 5 persen atau sekitar Rp 17 miliar. “Padahal minimal sekitar 30 persen untuk kegiatan pemberdayaan,” tandasnya. (Nar)

BERITA REKOMENDASI