Desa Grantung Percontohan Kampung Siaga Covid-19

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Desa Grantung Kecamatan Bayan Kabupaten Purworejo dicanangkan menjadi Kampung Siaga Covid-19 oleh Kapolres Purworejo AKBP Rizal Marito, Senin (13/4). Polres Purworejo memberikan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dan sarana cuci tangan dengan sabun untuk petugas yang berjaga di posko itu.

Desa Grantung menjadi pilihan Polres Purworejo karena wilayah itu sejak awal merebaknya Covid-19 di Purworejo, sudah melakukan berbagai langkah pencegahan. “Kami juga melihat Desa Grantung sudah mandiri dalam melaksanakan upaya pencegahan,” ungkap AKBP Rizal Marito, menjawab pertanyaan KRJOGJA.com.

Menurutnya, pihak kepolisian melihat upaya swadaya masyarakat dan Pemerintah Desa (Pemdes) Grantung bisa menjadi percontohan bagi desa lain di Purworejo. “Untuk itu, kami dukung dan canangkan sebagai Kampung Siaga Covid-19, harapannya bisa diikuti desa-desa lainnya,” ucapnya.

Pada pelaskanaannya, masyarakat Grantung harus bisa menjaga jarak atau ‘physical distancing’, menggunakan masker saat keluar rumah, tidak mudik, dan rajin mencuci tangan pakai sabun. Masyarakat dan pemdes juga telah membuat sejumlah sarana cuci tangan pakai sabun di beberapa sudut desa.

BERITA REKOMENDASI