Desa Grantung Percontohan Kampung Siaga Covid-19

Editor: KRjogja/Gus

Berdasar pantauan kepolisian, lanjutnya, tingkat kepatuhan masyarakat Purworejo dalam menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), cukup bagus. Rizal melihat sebagian besar masyarakat sudah memakai masker saat keluar rumah dan melakukan penjarakan fisik.
“Cukup bagus, tapi kami bersama TNI, satgas, dan relawan akan terus mengimbau apabila masih ditemukan masyarakat yang belum mematuhi anjuran pemerintah,” tegasnya.

Kepala Desa Grantung Sujani mengutarakan, wilayahnya mengetatkan penjagaan di setiap perbatasan karena tingginya mobilitas orang keluar masuk desa. Desa menutup setiap pintu masuk dan hanya membuka satu akses yang berhubungan langsung dengan jalan utama.

Pemdes dan warga mendirikan posko di akses masuk itu dan memeriksa suhu tubuh, tujuan, dan nomor telepon seluruh orang yang hendak masuk desa. Relawan juga menyemprot cairan disinfektan pada kendaraan pengunjung desa. “Kami jaga 24 jam, relawan dibagi tiga ‘shift’, mereka bertugas secara sukarela demi mencegah Covid-19. Kami juga imbau perantau untuk tidak pulang dulu,” tuturnya. (Jas)

 

BERITA REKOMENDASI