Desa Wisata Latih Remaja Garap Potensi Lokal

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO (KRjogja.com) – Warga masyarakat Desa Kaligono Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo mendapat pelatihan keterampilan. Kegiatan ini dimaksudkan agar mereka dapat memberdayakan ekonomi lokal, terutama para remaja. Kegiatan ini sekaligus untuk mendukung keberadaan desa wisata yang sudah dirintis sejak beberapa tahun lalu.

“Masyarakat bisa memanfaatkan desa wisata ini untuk mengembangkan diri. Utamanya untuk kegiatan usaha. Dimulai dari yang kecil dulu dengan mengimplementasikan dari hasil keterampilan yang dimiliki,” kata Wakil Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Purworejo Ny Hartiti Soekoso, Kamis (15/9).

TP PKK Purworejo menurut Hartiti Soekoso, ikut berperan memberdayakan para remaja di desa ini dengan memberikan berbagai pelatihan keterampilan. Harapannya dapat diterapkan masyarakat sebagai bagian dari desa wisata, terutama remaja dan anggota PKK desa. Apalagi Purworejo sedang menggalakkan desa wisata.

“Ini kesempatan bagi masyarakat untuk ikut ambil bagian, sehingga dapat meningkatkan income keluarga, dan kedepan dapat mensejahterakan keluarga,” tandasnya.

Menurut Pengurus Pokja I PKK Kabupaten Purworejo Neneng Suparwati SPd, pelatihan keterampilan yang diberikan diantaranya membuat souvenir dari koran bekas berupa gantungan kunci, tempat pensil, tempat HP, tempat foto, pot bunga, keranjang, dan lainnya.

Hasil kerajinan mereka dijual mulai harga Rp 3.000 hingga Rp 15.000 per buah. (Nar)

BERITA REKOMENDASI