Deteksi Kesehatan Sejak Dini, DWP Purworejo Gelar Pemeriksaan Gratis

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Sebagai upaya untuk menyehatkan anggotanya, Darma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Purworejo menggelar pemeriksaan kesehatan gratis. Kegiatan ini sebagai upaya untuk mendeteksi penyakit sejak dini sehingga bisa lebih tepat pengobatannya.

“Pemeriksaan kesehatan meliputi gula darah, asam urat, kandungan air dalam tubuh, kekuatan tulang, keseimbangan lemak tubuh, berat badan dan tinggi badan. Sekaligus dilakukan sosialisasi tentang kesehatan, termasuk penyampaian tentang pembalut sehat untuk perempuan, dan kanker servic,” kata panitia kegiatan Ny Yuli Sutrisno, Rabu (18/4/2018).

Dijelaskan, gejala kanker servic bisa karena keputihan yang menimbulkan bahu, berhubungan sexsual berganti-ganti pasangan. Sedangkan untuk payudara bisa dilakukan dengan diraba sendiri dengan arah memutar mengelilingi payudara.

“Untuk payudara jika ditemukan benjolan atau puting terlihat masuk, atau kulit payudara bersisik seperti kulit jeruk segeralah periksakan,” katanya seraya mengaku, kegiatan ini diikuti 150 anggota DWP dari berbagai unit organisasi perangkat daerah (OPD).

Sedang kanker servic terkadang menurut Ny Yuli Sutrisno, tidak merasakan sakit, tapi akan lebih bagus jika dilakukan pemeriksaan melalui IVA terutama perempuan yang sudah pernah berhubungan sexsual.

“Sekarang sudah diberi kemudahan karena melakukan pemeriksaan IVA bisa dilakukan di Puskesmas. Jika diketahui dini, tentu pengobatannya juga bisa cepat,” jelasnya.(Nar)

 

BERITA REKOMENDASI