Dewan Periksa Kesiapan RS Merah Putih

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Pimpinan dan Komisi IV DPRD Kabupaten Magelang, melakukan sidak ke Rumah Sakit (RS) Merah Putih di Blondo, Kecamatan Mungkid, Jumat (27/03/2020). Meski baru diresmikan Januari kemarin dan belum operasional, namun RS ini akan dijadikan salah satu RS untuk menampung pasien Covid-19 jika terjadi peningkatan jumlah pasien. Terkait hal itulah, mereka ingin melihat dari dekat kesiapannya menghadapi Pandemi Covid-19.

“Kami ingin melihat sejauh mana kesiapan Pemkab Magelang khususnya RS Merah Putih menghadapi Covid-19. Terutama jika terjadi peningkatan jumlah korban (pasien) baik yang positif, PDP maupun ODP,” kata Ketua DPRD Kabupaten Magelang, Saryan Adiyanto, SE disela-sela sidak.

Dalam sidak tadi, pihaknya ditemani ketua dan anggota Komisi IV serta pimpinan DPRD Kabupaten Magelang yang lain. Saat sidak tadi, mereka menemukan beberapa hal. Diantaranya belum tersedianya SDM baik paramedis dan dokter. Kemudian, alat kesehatan di tempat itu (RS Merah Putih) juga belum lengkap. Hal yang sama untuk Alat Pelindung Diri (APD) terkait Covid-19, juga belum tersedia.

“Beberapa hal ini yang menjadi catatan kami. Selanjutnya, kami minta Bupati Magelang untuk segera mengantisipasinya. Jangan menunggu semakin banyak korban jiwa. Kalau bisa secepatnya. Apalagi, Presiden sudah mengeluarkan Inpres untuk mengalihkan APBD yang tidak mendesak untuk menangani covid-19,” imbuh Mahmud SH, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Magelang.

BERITA REKOMENDASI