Dewan Persampahan Temanggung Bersihkan Sungai

Editor: Ivan Aditya

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Dewan Persampahan melakukan aksi bersih-bersih sungai di Desa Gondosuli dan Desa Tegalrejo Kecamatan Bulu, Selasa (16/06/2020). Aksi bersih sungai ini untuk penguatan kelembagaan persampahan dari tingkat rumah tangga hingga tingkat Kabupaten.

Kepala Bidang Kebersihan dan Pengolahan Persampahan Dinas Lingkungan Hidup Edie Poernomo aksi bersih sungai diharapkan meningkatkan kesadaran dan kepedulian warga untuk menyelamatkan lingkungan. “Membuang sampah pada tempatnya dan tidak membuang di sungai sebagai bukti cinta lingkungan hidup,” katanya.

Seorang satu anggota Dewan Persampahan Kabupaten Temanggung, Tri Rahayu mengatakan aksi untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan aman bencana. Dia mengatakan di beberapa titik di aliran sungai di Desa Gondosuli dan Tegalrejo terdapat sampah yang perlu mendapatkan perhatian serius dari semula elemen. Sampah ini karena banyak sampah rumah tangga yang dibuang di sungai.

“Pembersihan secara massal sekaligus juga sebagai bentuk edukasi pada masyarakat di sekitar sungai agar ikut menjaga daerah sekitarnya dan tidak membuang sampah sembarangan,” kata dia.

Terpisah menurut Kepala Bagian Humas Sumarlinah, mengatakan program pembersihan sungai sengaja dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan. Terlebih sungai yang dibersihkan tersebut mengarah ke dalam kota dan rawan menyebabkan banjir.

“Jadi memang ada beberapa titik sungai yang kondisinya itu banyak sampah, ini kalau tidak dibersihkan rawan menghambat aliran sungai, sehingga berpotensi banjir. Untuk sekarang memang kering kondisinya, tapi di saat penghujan alirannya cukup besar,” katanya. (Osy)

BERITA REKOMENDASI