Dharma Wanita Bangkitkan Ekonomi Produktif

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com) – Peran aktif Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Purworejo untuk ikut mensejahterakan masyarakat menjadi prioritas. Tidak hanya untuk anggota DWP sendiri, namun juga merambah hingga masyarakat paling bawah.

“DWP mengajak anggota Kelompok Wanita Tani (KWT) untuk lebih meningkatkan kesejahteraannya. Diantaranya dengan upaya membangkitkan ekonomi produktif melalui pengembangan usaha kerajinan dengan memanfaatkan bahan dasar yang ada di lingkungannya,” kata Ketua DWP Kabupaten Purworejo Ny Dra Erna Setyowati Said Ramadan, Kamis (08/06/2017).

Dukungan ini juga dilakukan kepada KWT Desa Dadirejo Kecamatan Bagelen yang memiliki potensi lokal dan tersedia melimpah sehingga perlu dikembangkan agar lebih bernilai ekonomi. “Berangkat dari sinilah kami DWP memberikan pelatihan keterampilan berbahan baku lidi, dan keterampilan hantaran untuk lamaran. Harapannya bisa dikembangkan untuk usaha home industri,” jelas Ny Erna Setyowati Said Ramadan saat memberikan pelatihan ekonomi produktif di Balai Desa Dadirejo.

Ny Erna Setyowati Said Ramadan memaparkan, lidi yang melimpah mungkin pemanfaatannya masih sebatas untuk sapu dengan nilai jual yang murah. Namun lidi yang diolah menjadi piring akan bernilai jual tinggi.

“Bahan dasar yang ada jika dikelola dengan cermat dan tepat akan mendatangkan pendapatan yang membawa kesejahteraan bagi masyarakat. Bahkan bisa menjadikan unggulan desa,” paparnya. (Nar)

BERITA REKOMENDASI