Di Purworejo, Nama Jalan Diganti Tokoh Lokal

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Sejumlah ruas jalan di Kabupaten Purworejo yang selama ini menggunakan nama pahlawan nasional, kini diganti dengan nama tokoh-toloh lokal.

“Ada tiga ruas jalan yang diganti dengan nama tokoh dari Kabupaten Purworejo,” kata Kabag Humas Setda Purworejo Rita Purnama SSTP, Selasa (14/1).

Dijelaskan, nama jalan protokol yang diganti dengan tokoh lokal itu diantaranya Jalan Dr Setiyabudi yang membentang dari persimpangan Buh Semurup Kelurahan Sindurjan Kecamatan Purworejo ke timur, hingga depan pendapa rumah dinas bupati, diganti dengan nama Jalan RAA Tjokronegoro. Penggantian nama jalan ini berdasar pada SK Bupati Purworejo Nomor 160.18/737/2019 tanggal 31 Desember 2019 tentang Penetapan Nama RAA Tjokronegoro sebagai nama jalan di Kabupaten Purworejo. RAA Tjokronegoro merupakan bupati pertama Purworejo.

Sementara itu ruas jalan RAA Tjokronegoro yang membentang dari simpang tiga Jalan DI Panjaitan Kelurahan Mranti Kecamatan Purwojeo hingga Makam Bulus di Kecamatan Gebang, diganti dengan nama Jalan R Ng Prawironegoro. Penggantian nama ruas jalan ini berdasar pada SK Bupati Nomor 160.18/723/2019 tanggal 26 Desember 2019 tentang penetapan nama ruas jalan di wilayah Kabupaten Purworejo, merupakan dasar hukum perubahan nama jalan itu.

“Dalam perubahan nama jalan itu dengan pertimbangan nama R Ng Prawironegoro merupakan adik kandung dari RAA Tjokronegoro. Beliau pada zamannya dulu seorang wedono Bragolan yang memimpin pembuatan Bedug Pendowo yang kini tersimpan di Masjid Agung Darul Muttaqin Purworejo, yang sekaligus menjadi beduk terbesar di dunia,” jelas Rita Purnama.

Selain itu Jalan KH Wahid Hasyim yang membentang dari persimpangan Jalan Jend Achmad Yani hingga persimpangan Jalan Pemuda dan Jalan Kol Sugiyono diganti menjadi Jalan Prof Dr N Driyarkara. ”Prof  Dr N Driyarkara merupakan ahli filsafat Indonesia, pendidik dan tokoh agama yang berasal dari Desa Kedunggubah Kecamatan Kaligesing, Purworejo,” katanya seraya menyebut dasar hukumnya SK Bupati Purworejo Nomor 160.18/7/2020 tanggal 9 Januari 2020 tentang penetapan nama Prof DR N Driyarkara sebagai nama jalan di Kabupaten Purworejo. (Nar)

 

BERITA REKOMENDASI