Di Temanggung Ada Guru Bergaji Rp 50 Ribu

Editor: Ivan Aditya

TEMANGGUNG (KRjogja.com) – Kendati berperan penting dalam upaya membentuk karakter anak sejak usia dini, namun imbalan bagi guru PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) masih sangat memprihatinkan. Separuh lebih guru PAUD di Kabupaten Temanggung gajinya di bawah Rp 200 ribu/bulan, bahkan ada yang Rp 50 ribu/bulan.

Ketua Himpunan Pendidik dan Tenaga Pendidik PAUD Indonesia (Himpaudi) Kabupaten Temanggung, Suswanti mengungkapkan, di Kabupaten Temanggung saat inih terdapat 854 guru PAUD yang tergabung dalam Himpaudi dan tersebar di 20 kecamatan wilayah kabupaten tersebut.

Dari seluruh guru PAUD itu, tak satupun yang mendapatkan gaji senilai upah minimal kabupaten (UMK) 2016 Kabupaten Temanggung yakni Rp 1,313 juta/bulan, bahkan sekadar mendekati pun tidak ada. Sebagaian besar dari mereka menerima gaji antara Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu perbulan.

“Jika dipersentase, kira-kira 50 persen lebih guru PAUD itu menerima imbalan antara Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu perbulan. Lalu, sisanya menerima gaji di atas Rp 200 ribu atau di bawah Rp 100 ribu, bahkan masih ada yang mendapat gaji Rp 50 ribu perbulan,” jelasnya kepada KRjogja.com, Kamis (29/09/2016).

Diungkapkan, sebagian besar PAUD saat ini berada di desa-desa atau kelurahan, ataupun lingkungan-lingkungan pemukiman warga, yang pengelolaannya di bawah pemerintahan desa atau kelurahan setempat. Dengan bentuknya berupa pos PAUD atau kelompok bermain anak-anak.

Adapun para guru yang mendapat imbalan di atas Rp 200 ribu, sebagaian besar  mereka yang mengajar pada lembaga PAUD di bawah naungan yayasan yang kemampuan finansialnya telah kuat. Meski begitu, jumlah gaji yang diterima mereka tetap saja masih jauh di bawah UMK 2016.

Suswanti mengakui, saat ini pemerintah telah memberikan insentif kepada 55 guru PAUD dari sumber APBN, dan juga kepada 100-an lebih guru PAUD di Kabupaten Temanggung melalui sumber APBD Provinsi. Para penerima insentif itu merupakan guru yang memenuhi syarat dalam hal umur dan masa kerja tertentu. (Mud)

BERITA REKOMENDASI