Di Temanggung, Botol Mineral Ditukar Pertamax di SPBU

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten Temanggung menjalin kerjasama dengan Pertamina untuk turut mendukung terwujudnya Temanggung bebas sampah 2020. Kerjasama tersebut yakni penukaran sampah botol mineral dengan Pertamax di SPBU.

Bupati Temanggung Al Khadziq mengatakan sampah, khususnya sampah plastik berpotensi menimbulkan konflik sosial. Sehingga sedari dini harus ditangani. “Kami sangat apresiasi, dengan kerjasama penukaran botol plastik mineral di SPBU untuk mendapatkan pertamax,” kata Al Khadziq pada peluncuran sampah plastik dengan pertamax, Kamis (8/10).

Dikatakan ide penukaran sampah dengan BBM sebagai ide yang luar biasa, sebab punya efek domino besar baik secara ekonomi dan psikologi di masyarakat. Maka itu kesuksesan program tersebut sangat diharapkan sehingga mampu mengurangi sampah plastik di masyarakat.

” Temanggung akan bersih sampah botol mineral, di satu sisi, masyarakat dapat keuntungan dengan mendapatkan BBM,” kata dia sembari mengatakan selain program tersebut masih ada sejumlah program dan kegiatan lain untuk mewujudkan Temanggung bebas sampah seperti penguatan bank sampah hingga ditingkat RT.

Sales Manajer Area Semarang PT Pertamina Hary Prasetyo Wicaksono mengatakan program sampah tukar BBM sebagai yang pertama di Indonesia, dan diterapkan di Temanggung. Program berlaku sampai November, dan jika hasilnya bagus bukan tidak mungkin terus berlanjut. “PT Pertamina juga punya misi besar Pertamina Bersih, yang ternyata selaras dengan Pemkab Temanggung. Maka itu dikerjasamakan,” kata dia.

Dikemukakan untuk sementara penukaran baru dilayani di 8 SPBU, dan akan diperluas ke sejumlah SPBU lainnya, termasuk di wilayah Jawa Tengah.

Seorang warga, Wibowo menyampaikan menyambut positif adanya botol mineral plastik ditukar pertamax. ” Saya tukar botol mineral yang ada di mobil, lumayan dari pada di buang ke tempat sampah, bisa dapat pertamax,” kata dia, sambil mengatakan program tersebut dapat mengurangi sampah plastik di masyarakat. (Osy)

BERITA REKOMENDASI