Di Temanggung, Masih 40 Persen Desa Belum Rampungkan APBDes

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Sekitar 60 persen desa dari 266 Desa yang ada di Kabupaten Temanggung yang sudah menyelesaikan APBDes 2019, kendati telah memasuki Maret. Maka itu, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa kabupaten setempat meminta pada sejumlah desa untuk segera selesaikan APBDes, sehingga dana desa dapat cair.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Temanggung Agus Sarwono mengatakan salah satu persyaratan pencairan dana desa adalah menyelesaikan penyusunan APBDes, maka itu demi pembangunan agar bisa berjalan, desa harus selesaikannya. " Hingga sekarang yang belum selesaikan APBDes, dana desa tahap pertama belum bisa dicairkan," kata Agus, Jumat (1/2).

Dia mengatakan diharapkan pada awal Maret ini dana desa tahap pertama sudah bisa dicairkan sehingga semua rencana yang sudah disusun dalam APBDes bisa langsung dilaksanakan.

Dikemukakan setelah dana desa tahap pertama bisa dicairkan sebesar 20 persen, pihaknya merencanakan pencairan dana desa tahap kedua pada bulan April 2019 dengan besaran 40 persen, kemudian pencairan dana desa tahap ketiga direncanakan pada bulan Juli hingga Agustus 2019 dengan besaran 40 persen.Perencanaanya, lanjut dia bila tahap ketiga bisa dicairkan tepat waktu, maka maka sisa yang ada dapat untuk menyelesaikan semua program dan menyusun laporan akhir dana desa.

Agus mengatakan nilai dana desa 2019 di Kabupaten Temanggung sebanyak Rp237,9 miliar, jumlah dana desa ini naik dibanding tahun 2018 lalu yang hanya menerima kurang lebih sebanyak Rp213 miliar. (Osy)

BERITA REKOMENDASI