Di Temanggung, November Kematian Tertinggi Covid-19

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Rata-rata kematian Covid-19 di Kabupaten Temanggung pada bulan November 2020 sebanyak satu orang per hari. Satgas Covid-19 terus meningkatkan kesadaran perlunya penerapan protokol kesehatan yang diantaranya 4 M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

“Terdapat 75 kematian dari 1545 kasus Covid-19 yang ada di Temanggung, 32 kematian terjadi pada November 2020. Tingkat kematian 4,8 persen dan termasuk tinggi, ” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Temangggung Khabib Mualim, ditemui disela Kampanye Penggunaan Masker dan Fasilitasi Kabupaten Sehat, Senin (30/11).

Dia mengatakan terjadi lonjakan peningkatan kasus Covid-19 di Temanggung seiring besarnya kegiatan sosial kemasyarakatan seperti hajatan. Satgas terus melakukan tracing pada kontak erat warga terpapar Covid-19 dan meminta untuk menjalani isolasi mandiri secara ketat.

Dia menyampaikan dari 780 ribu warga Temanggung baru sebagian kecil yang menjalani tes rapid dan swab tes untuk mendeteksi terpapar tidaknya pada Covid-19. Sebagai catatan baru sekitar 12.624 warga yang menjalani PCR, sedang total rapid tes 13.021 warga. “Ada kemungkinan banyak warga yang belum tahu dia terpapar Covid-19, atau sebagai orang tanda gejala, mereka ini potensi menularkan pada orang lain tanpa disadarinya, ” kata dia.

BERITA REKOMENDASI