Diawali Khataman Al Quran, Haul Syekh Subakir Berlangsung Berbeda

MAGELANG, KRJOGJA.com – Rangkaian kegiatan haul Syekh Subakir yang ada di kawasan puncak Gunung Tidar atau di areal Kebun Raya Gunung Tidar Magelang, Jumat (25/9/2020), nampak berbeda. Kegiatan yang berlangsung di masa pandemi Covid-19 ini diikuti beberapa orang saja dan berlangsung sederhana. Rangkaian kegiatan diawali dengan khataman Alquran dan doa bersama, khususnya bagi salah satu tokoh atau ulama yang berpengaruh dalam sejarah Islam di Kota Magelang ini.

Kepala Bagian Kesejahteraan (Kesra) Kota Magelang Hadi Sutopo mengatakan haul Syekh Subakir dilaksanakan sejak tahun 2018 dan 2019. Pada tahun 2020 ini dilangsungkan secara sederhana karena pandemi Covid-19, yang tidak boleh ada kegiatan atau aktivitas pengumpulan massa.

Untuk kegiatan di tahun 2018 dan 2019 lalu, lanjut Hadi Sutopo, rangkaian kegiatan haul Syekh Subakir berlangsung ramai. Setelah kegiatan doa bersama dan khataman Alquran, dilanjutkan dengan kegiatan pengajian akbar atau pengajian umum. Namun untuk kegiatan tahun 2020 ini dilaksanakan doa dan khataman terlebih dahulu di komplek makam, sedangkan pengajian akan digelar virtual pada Oktober 2020 mendatang.

BERITA REKOMENDASI