Diduga Akibat Limbah, Ikan di Sungai Elo Temanggung Ditemukan Mati

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Temanggung menyelidiki kematian ikan di sungai Elo yang meresahkan warga. Sampel air maupun ikan tengah diperiksa di laboratorium untuk mengetahui penyebabnya.

Kepala DLH Kabupaten Temanggung, Entargo Yutri Wardono tim sedang bekerja menyelidiki kasus kematian ikan di sungai Elo di bawah pembuangan limbah pabrik tekstil PT Sumber Makmur Anugerah di Pringsurat. Sampel ikan yang mati dan air sungai sudah dibawa ke laboratorium.

“Berdasarkan pemeriksaan terhadap pembuangan limbah pabrik tekstil pada pekan lalu juga telah menunjukkan peningkatan,” kata Entargo, Senin (16/11/2020).

Berdasarkan informasi dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Tengah, ada beberapa kasus pencemaran pabrik tersebut dimanfaatkan oleh oknum tertentu untuk menekan pabrik. Tetapi semua itu perlu pembuktian.

“Kami akan menunggu hasil penelitian sampel lab di Semarang. Jika penyebab kematian ikan-ikan di sungai tersebut akibat limbah pabrik maka akan ditindaklanjuti,” kata dia.

BERITA REKOMENDASI