Diduga Jadi Tempat Peredaran Narkoba, Rutan Temanggung Digeledah

Editor: Ivan Aditya

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Badan Narkotika Nasional Kabupaten, Polres Temanggung dan Polsus Rutan Kelas IIB Temanggung menggelar operasi gabungan untuk menemukan narkoba dan senjata tajam yang masuk di rutan tersebut, Kamis (28/12/2021). Pada Operasi tersebut seluruh penghuni yang berjumlah 130 orang digeledah satu persatu dan diminta keluar kamar oleh petugas.

Petugas lantas secara teliti dan cermat memeriksa kamar. Tempat yang diduga untuk menyembunyikan barang haram di periksa. Penggeledahan juga untuk menemukan barang yang tidak diperkenankan masuk rutan, seperti benda tajam dan berbahaya.

Kepala Keamanan Rutan Temanggung Maksun mengatakan pelaksanaan razia ini adalah sebagai tindak lanjut dari perintah harian Dirjenpas melalaui Kakanwil dan Kadiv Kemasyarakatan supaya UPT melaksanakan kegiatan razia tentang peredaran gelap narkoba.

“Sasaran razia adalah pelanggaran tentang narkoba dan barang-barang terlarang lainnya seperti senjata tajam,” katanya.

Maksun mengatakan selama ini Rutan Temanggung telah mengantisipasi peredaran narkoba di dalam rutan, yakni melalui pemeriksaan secara ketat pada pengunjung dan barang-barang yang dibawa untuk warga binaan. “Sebuah tim melakukan penggeledahan di depan secara detail untuk memeriksa makanan yang dibawa pengunjung untuk warga binaan,” katanya.

Ia mencontohkan makanan yang sudah dibungkus di buka dan disisir, sedangkan berupa cairan seperti minuman dan kuah tidak diperkenankan masuk. Pemeriksaan super ketat tersebut agar tidak terjadi penyalahgunaan narkoba

Dia mengatakan selama pandemi Covid-19 ini pengunjung tidak bisa bertemu langsung dengan warga binaan karena dilakukan dengan video call. Kasi Pemberantasan BNN Kabupaten Temanggung Kompol Eko Sumbodo mengatakan kegiatan ini sudah terjalin secara rutunitas, ada kerja sama untuk mengantisipasi penyalahgunaan narkoba para narapidana.

Disampaikan pada kegiatan itu petugas dari BNN dan polres melakukan penggeledahan badan, sebelum melakukan pemeriksaan di ruang-ruang rutan, kemudian ditindaklanjut pemeriksaan urine kepada para napi secara acak. “Dalam razia ini nihil atau tidak ditemukan narkoba dan mereka yang menjalani tes urine juga tidak ada yang terindikasi menggunakan narkoba,” katanya.

Ia mengatakan di Rutan Temanggung tergolong bersih, belum pernah ditemukan yang terindikasi, apalagi sampai ke tingkat peredaran lanjutan karena di sini pemeriksaan super ketat. (Osy)

BERITA REKOMENDASI