Digelar Malam Hari, Kebumen Geo Night Carnival Angkat Potensi Lokal

KEBUMEN KRJOGJA.com – Berbagai macam potensi lokal Kebumen, diantaranya genteng Soka, anyaman pandan, sarang burung lawet, batik, kelapa genjah entok, sate Ambal dan obyek-obyek wisata, diangkat sebagai tema penampilan oleh para peserta Kebumen Geo Night Carnival yang digelar di ruas jalan seputar Alun Alun Kebumen, Sabtu (03/08/2019) malam.

"Selain sebagai daya tarik wisata, tujuan kegiatan ini juga untuk 
mengangkat berbagai potensi lokal Kebumen," papar Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporawisata) Kebumen, Azam Fathoni MSi, mengawali digelarnya acara yang diikuti 27 peserta yang terbagi 3 kategori, yaitu pelajar, instansi pemerintah dan umum.

Adapun Kabid Pemasaran Disporawisata Kebumen, Unggul Winarti MSi, yang juga Panitia Kebumen Geo Night Carnival, menjelaskan even carnival ini sengaja mengambil tema 'Kebumen Lantai Samudera Purba' sebagai upaya sosialisasi diperolehnya sertifikat geopark nasional untuk Geopark Karangsambung Karangbolong. 

"Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan HUT Kemerdekaan RI ke 74 dan Hari Jadi Kebumen ke 390. Peringatan HUT Kemerdekaan RI dan Hari Jadi Kebumen tahun ini memang sengaja kami kaitkan dengan semangat untuk mengangkat geopark milik Kebumen tersebut," ujar Unggul.

Kendati digelar pada malam hari, acara yang resmi dibuka oleh Bupati Kebumen, KH Yazid Mahfudz, tersebut berlangsung semarak. Di satu sisi, peserta terlihat semangat tampil maksimal guna meraih simpati dewan juri. Juga, warga masyarakat yang memadati area di depan panggung kehormatan di depan Rumah Dinas Bupati Kebumen dan sepanjang tepi jalan yang dilewati oleh para 
peserta.

Penonton rata-rata antusias menikmati penampilan para peserta. Bahkan, berulangkali para peserta harus berhenti  untuk melayani permintaan foto bersama penonton.(Dwi) 

BERITA REKOMENDASI