Diguyur Hujan Abu Merapi Magelang Memutih

Editor: Ary B Prass

MAGELANG, KRJogja.com-  Tidak sedikit areal tanaman sayuran maupun lainnya di wilayah Magelang yang terkena guyuran hujan abu vulkanik Gunung Merapi, Minggu (8/8/2021). Ada juga warga yang membersihkan abu vulkanik di tanaman cabainya dengan menggunakan sapu lidi. Tanaman tembakau di beberapa lokasi juga ada yang terkena guyuran abu.

Narsih, salah stu warga Dusun Gowok Pos Desa Sengi Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang, saat ditemui di ladangnya mengatakan ia harus akstra hati-hati membersihkan tebaran abu vulkanik yang ada di dedaunan tanaman cabainya.

Tanaman cabai yang berada di tepi jalan antara wilayah Kabupaten Magelang dan Kabupaten Boyolali tersebut baru akan panen perdananya. Ia sengaja menggunakan sapu lidi untuk proses pembersihannya. hanya saja kalau proses pembersihannya terlalu keras akan berdampak pada bunga tanaman cabainya.

Slamet, salah satu warga Dusun Babadan 2 Desa Paten Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang, secara terpisah mengatakan tebaran abu vulkanik juga dapat berdampak pada tanaman tembakau manakala tebaran abu vulkanik yang ada di dedaunannya tidak segera dibersihkan. Ia juga berharap ada tiupan angin maupun turunnya hujan untuk membersihan tebaran abu vulkanik tersebut.

Hujan abu vulkanik juga banyak berakihat pada tanaman rumput. Ini seperti yang diakui Bu Soni, yang saat itu ia datang ke ladang pertanian untuk merumput guna kebutuhan makan ternaknya. Saat sampai di ladang diketahui kalau banyak rumput yang terkena tebaran abu vulkani.

Kalau rumput yang dipotong tidak dibersihkan dengan dicuci dan langsung diberikan ke ternaknya, dikhawatirkan akan berdampak pada ternaknya. Namun bila dicuci dahulu, juga kurang bagus.

BERITA REKOMENDASI