Diguyur Hujan Abu Merapi Magelang Memutih

Editor: Ary B Prass

Akibat hujan abu ini, beberapa ruas jalan nampak berwarna keputih-putihan dan akan langsung beterbangan abunya ketika ada kendaraan yang melintas dengan kecepatan tinggi. Tidak hanya di ruas jalan antar wilayah Kabupaten Magelang dengan Kabupaten Boyolali di wilayah Desa Sengi, tetapi juga di ruas jalan desa seperti di wilayah Desa Paten Kecamatan Dukun. Genteng rumah warga pun banyak yang memutih warnanya.

Petugas Pengamatan Gunung Merapi di Pos Babadan Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang Tri M kepada wartawan mengatakan, informasi yang diterimanya menyebutkan tebaran abu vulkanik Gunung Merapi ada yang sampai wilayah Kota Magelang, meskipun kategorinya tipis. Ini terjadi karena terbawa tiupan angin, yang saat itu mengarah ke arah barat.

“Tebaran abu juga ada yang sampai ke wilayah Tlogolele Kecamatan Selo Boyolali, juga di beberapa lokasi di wilayah Kecamatan Sawangan, Kecamatan Dukun, Kecamatan Mungkid, Kecamatan Mertoyudan, Kecamatan Candimulyo, Kecamatan Tegalrejo maupun lainnya dengan kategori tipis,” katanya.  (Tha)

BERITA REKOMENDASI