Dihadirkan Aplikasi Layanan ‘eLangkota’

MAGELANG, KRJOGJA.com – Untuk lebih mempermudah dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat, Polres Magelang Kota menghadirkan layanan aplikasi berbasis android yang diberi nama "Elektronik Layanan Masyarakat Polres Magelang Kota" (eLangkota). Layanan ini dapat diunduh di telepon pintar. 

Kapolres Magelang Kota AKBP Kristanto Yoga Darmawan SIK MSi kepada KRJOGJA.com di sela-sela kegiatan sosialisasi layanan 'eLangkota" di Lapangan Rindam IV/Diponegoro Magelang, Minggu (9/12/2018), mengatakan menjawab tantangan zaman, bahwa era digitalisasi saat ini sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Konsep layanan ini berupa digital service, yakni online receptionist. 

"Masyarakat yang membutuhkan layanan kepolisian, bisa men-download apliasi "eLangkota" (elektronik Layanan Masyarakat Polres Magelang Kota) ini, meregister datanya, mengisi file yang ada dalam fitur aplikasi tersebut, untuk kemudian melakukan proses akhir tetap di Kantor Polisi sesuai dengan tujuan yang dimaksud, apakah dalam rangka mengajukan permohonan SIM, izin keramaian, SKCK, atau laporan kehilangan maupun lainnya," kata Kapolres Magelang Kota.

Polres Magelang Kota menginginkan masyarakat dapat terlayani dengan baik, dan menjawab tantangan zaman di era digitalisasi, bahwa kebutuhan masyarakat terhadap informasi digitalisasi sangat tinggi. Di tengah perkembangan tekonologi informasi yang cepat, Polres Magelang Kota dituntut mampu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan mengikuti perkembangan TI tersebut, apalagi juga dibutuhkan pelayanan yang cepat, efektif dan efisien. Aplikasi "Elektronik Layanan Masyarakat Polres Magelang Kota" (eLangkota) dapat diterapkan di telepon pintar berbasis android, dan bisa diunduh di Playstore. 

"eLangkota" memiliki 8 fitur, yaitu Laporan Polisi, Laporan kehilangan, Permohonan SIM, Permohonan SKCK, Permohonan Izin Keramaian, Permohonan Izin Penyampaian Pendapat, Pengaduan Propam dan Laporan Data Orang Asing.

"eLangkota" merupakan aplikasi yang dibuat untuk mempermudah pelayanan Polres Magelang Kota kepada masyarakat yang tinggal di wilayah hukum Polres Magelang Kota dalam bentuk penerimaan dan penanganan awal laporan atau pengaduan, pelayanan bantuan atau pertolongan kepolisian secara online. Masyarakat tetap harus datang ke Kantor Polisi untuk membuat laporan atau pelayanan akhir. Dengan "eLangkota" ini masyarakat dapat mengisi formulir awal melalui aplikasi, sehingga lama waktu proses pembuatan laporan atau pelayanan dapat dipersingkat dan jadwal dapat dibuat lebih terencana.(Tha)

BERITA REKOMENDASI