Dihajar Banjir, Jembatan Baru di Srowol Disiapkan

MAGELANG (KRjogja.com) – Rencana pembangunan jembatan baru di Srowol Sungai Pabelan yang hilang diterjang banjir lahar Desember 2010 lalu, kian mendekati kenyataan. Menurut rencana, jembatan permanen akan dibuat di bagian hilir jembatan sabodam yang dibangun oleh Balai Besar Wilayah Sungai Serayu-Opak (BBWSSO) 2012 lalu.

"Biaya pembuatan jembatan baru itu bersumber dari APBN melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR). Kami (Pemkab Magelang) hanya diminta untuk menyiapkan tanah calon lokasi proyek. Sedang pengadaan tanah untuk keperluan itu sudah kami selesaikan akhir tahun
lalu (2015), dengan membebaskan tanah warga sekitar," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Energi dan Sumber Daya Mineral (DPUESDM) Kabupaten Magelang, Sutarno, Minggu (13/11/2016).

Jembatan baru tersebut, kata Sutarno, akan menggantikan jembatan gantung dan dam oprit yang dibangun BBWSSO 2012 lalu. "Saat ini, keduanya masih digunakan untuk lalu lintas kendaraan. Namun karena kontruksinya, hanya kendaraan rota empat dibawah 2000 cc yang boleh melewati dam oprit tersebut. Sedang jembatan gantung, hanya khusus sepeda motor. Keduanya memang hanya difungsikan sebagai jembatan darurat atau sementara. Sehingga, jembatan permanen pengganti jembatan yang ambruk diterjang banjir lahar 2010 lalu itu, memang sudah sangat dinantikan warga," ungkapnya. (Bag)

 

BERITA REKOMENDASI