Dihantui PMK, Kebutuhan Hewan Kurban di Magelang Masih Aman

MAGELANG, KRJOGJA.com – Kabupaten Magelang masih mampu mencukupi hewan qurban pada Hari Raya Idul Adha 1443 H untuk kebutuhan sendiri, khususnya di sektor sapi. Kebutuhan hewan qurban sekitar 4 ribu hingga 5 ribu ekor sapi, sedang keberadaan sapi siap potong saat ini sekitar 15 ribu.

Demikian dikemukakan Bupati Magelang Zaenal Arifin SIP di forum pelaksanaan perdana vaksinasi PMK di wilayah Kabupaten Magelang yang dilaksanakan di Dusun Podo Desa Podosoko Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang, Senin (26/6/2022). “Jadi masih cukup,” kata Bupati Magelang sambil menambahkan keberadaannya juga masih cukup aman untuk kebutuhan kambing maupun domba.

Juga dikatakan, sebelum ada vaksin PMK, langkah awal yang dilakukan terhadap ternak yang terkena atau terjangkiti PMK adalah dengan penyuntikan vitamin dan memberikan antibiotik. Pada Jumat (24/6/2022) lalu vaksin diambil, untuk kemudian dilakukan vaksinasi. Desa Podosoko Sawangan ini merupakan salah satu sentra yang memperkuat kontribusi daging di Kabupaten Magelang.

“Kasus PMK di Kabupaten Magelang pertama kali ditemukan di wilayah Kecamatan Salam pada 22 Mei 2022, dan Senin kemarin sudah menyebar di 63 desa yang ada di 16 wilayah kecamatan dengan total ternak yang terjangkiti PMK sebanyak 736 ekor,” ungkap Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang Joni Indarto AP MSi.

BERITA REKOMENDASI