Diikuti 7.300 Siswa, Olympicad Nasional VI Digelar di Semarang

SEMARANG,KRJOGJA.com – Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) akan menggelar Olympiade Achmad Dahlan (Olympicad) Nasional VI 26-28 Oktober 2019 di Semarang. Kegiatan  yang dilaksanakan oleh Majelis Dikdasmen Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Jateng ini dipusatkan di kampus Unimus Kedungmundu.

Ketua Panitia Olympicad Nasional VI  Rohmat Suprapto SAg MSi didampingi Ketua Panitia Lokal Unimus Mifbakhuddin SKM MKes (Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Unimus) dan anggota Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah Dra Delmenita kepada pers di kampus Unimus, Kamis sore (24/10/2019) menyatakan ajang 21 macam lomba ini diikuti 9.700 peserta terdiri 7.300 pelajar/siswa SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA dan 1.445 guru pendamping dari 35 propinsi se-Indonesia. Mata lomba di antaranya kompetensi IPA, Biologi, Kimia, bahas Arab, bahasa Inggris, MTQ, tapak suci, kesenian dan lain-lain.

“Selain lomba ada 3 kegiatan pendukung yaitu seminar internasional dengan pembicara Dr Liliana Purvin (Universitas Groningen Belanda), Dr Agus (Dikdasmen PP Muhammadiyah) dan pembicara lain dari International Islamic University Malaysia. Juga kegiatan Silaturahmi Nasional Dikdasmen PW Muhammadiyah se Indonesia serta bazar dan ekspo hasil hasil sekolah Muhammadiyah se Jateng. Pembukaan Olympicad dilaksanakan Sabtu malam (26/10/2019) di Simpang Lima Semarang bersamaan dengan kegiatan Jateng Bermunajat dan Gebyar Muktamar yang dibuka Gubernur Jateng dengan peserta pembukaan sekitar 50.000 peserta dari 35 Pimpinan Daerah Muhammadiyah se-Jateng dan diisi tausiah Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof KH Haidar Nasir” ujar Rochmat Suprapto yang juga dosen dan Ketua Lembaga Studi Islam dan Kemuhammadiyahan (LSIK) Unimus ini.

Sedangkan Delmenita menyatakan kegiatan dua tahunan Olympicad ini sebagai salah satu sarana silaturahmi sekaligus ajang peningkatan standar mutu sekolah dasar dan menengah di lingkungan Muhammadiyah. Olymlicad dilaksanakan di perguruan tinggi muhammadiyah (Unimus) karena dukungan SDM dan sarana prasarana termasuk dukungan mahasiswa yang ikut membantu lomba dengan peserta besar ini.

“Ada 21 mata lomba dan tiap lomba ada 3 kategori yaitu kategori SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA sehingga cukup banyak lomba yang mewakili sekitar 5.360 sekolah di lingkungan Muhammadiyah se Indonesia dari 35 propinsi termasuk perwakilan dari Sorong Papua. Olympicad sebagai ajang silaturahmi, kompetisi, motivasi peningkatan mutu sekolah dan ajang belajar dari sekolah yang sudah maju sebagai percepatan peningkatan mutu” tandas Delmenita.

Mifbakhuddin menambahkan para peserta Olympicad VI akan dijamu gala dinner di Balaikota Semarang oleh Walikota Semarang Hendrar Prihadi Minggu malam (27/10/2019) serta dijamu dengan citi tour kota Semarang ke Masjid Agung Jawa Tengah, kawasan Kota Lama serta Lawang Sewu. Semua kegiatan lomba mulai dari registrasi ulang, lomba, serta tiga kegiatan pendukung semuanya dilakukan di kampus Unimus. (sgi)
 

BERITA REKOMENDASI