Dikabarkan Meninggal, Kondisi Pasien Positif Corona Justru Membaik

Editor: KRjogja/Gus

WONOSOBO, KRJOGJA.com – Sempat viral di media sosial (medsos) dikabarkan meninggal dunia, pasien 653 positif virus corona (Covid-19) yang tengah menjalani perawatan medis di RSUD KRT Setjonegoro Kabupaten Wonosobo, kondisinya justru terus membaik dan menunjukkan tanda-tanda kesembuhan.

“Kondisi pasien positif Covid-19 di RSUD terus membaik. Semoga kabar gembira ini bisa meluruskan kabar hoax beredar luas di medsos bahwa pasien positif corona di RSUD meninggal dunia. Kenyataannya kondisinya justru terus membaik, dan diyakini mendekati sembuh,” tandas Juru Bicara Penanggulangan Covid-19 Pemkab Wonosobo dr M Riyatno bersama Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Junaedi dan Dirut RSUD KRT Setjonegoro Wonosobo dr Danang Sunanto Sasongko menyikapi kabar hoax meninggalnya pasien 653 Covid-19 di Wonosobo, Kamis (26/3/2020).

Selain itu, lanjut dr Riyatno, pasien pertama positif Covid-19 di Wonosobo yang baru pulang dari perantauan di Jakarta ini dinilai sangat kooperatif. Berbeda dengan kabar hoax di medsos yang menginformasikan bahwa yang bersangkutan sempat kejar-kejaran dengan petugas kesehatan puskemas yang hendak melakukan pemeriksaan dini terhadap warga yang baru datang dari daerah zona merah Covid-19. Justru yang bersangkutan sangat kooperatif ketika diminta menjalani pemeriksaan awal hingga dirujuk di RSUD sebagai pasien dalam pengawasan (PDP) sampai akhirnya dinyatakan pasien positif Covid-19.

Sejauh ini, jelasnya, tim gugus tugas percepatan penanggulangan Covid-19 terus melakukan pemantauan terhadap orang-orang terdekat pasien positif yang sebelumnya berinteraksi atau melakukan kontak langsung. Sedikitnya ada 10 orang terdekat pasien positif berdasarkan hasil tracing contact yang sampai saat ini masih dalam pemantauan petugas atau masuk dalam daftar orang dalam pemantauan (ODP).

BERITA REKOMENDASI