Dikawal Polisi Bersenjata, Soal US SD Didistribusikan

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO(KRJOGJA.com) – Ribuan soal Ujian Sekolah (US) SD tahun 2017, didistribusikan ke 16 UPT Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) kecamatan, Sabtu (13/5). Polisi bersenjata mengawal pengiriman soal tersebut.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dikpor Purworejo Drs Winanto mengatakan, kendati dalam standar aturan pemerintah tidak diwajibkan melibatkan polisi, namun pihak dinas tetap menggandeng petugas keamanan. "Demi lebih terjaminnya keamanan sepanjang pengiriman, kami juga lebih tenang," katanya kepada KRJOGJA.com.

Menurutnya, soal tiba dari percetakan di Kabupaten Kudus pada Sabtu pagi. Petugas Dikpora didampingi UPT dan polisi, mengecek ulang jumlah boks soal. 

Dalam US 2017, Kabupaten Purworejo menerima 563 boks soal, sesuai jumlah SD dan MI penyelenggara ujian. Masing-masing sekolah, katanya, mendapat satu boks soal untuk mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia dan IPA.

Setelah itu, soal dimasukkan dalam tiga mobil boks. "Masing-masing mobil mendistribusikan ke sejumlah UPT, kami buat peta jalur distribusinya. Selain supir, satu petugas dinas dan satu polisi ikur mengawal," terangnya.

Penyimpanan soal di kantor UPT juga harus seaman mungkin. Pemerintah mengatur soal harus disimpan dalam lemari pada satu ruangan khusus. Kunci lemari dan ruangan dipegang dua orang tertentu.(Jas)

BERITA REKOMENDASI