Dikmas Lantas Polres Magelang Sosialisasi Larangan Knalpot Brong

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Dikmas Lantas Polres Magelang gelar sosialisai penertiban penggunaan knalpot brong ke pemilik toko dan bengkel serta penindakan kasat mata (knalpot brong) di beberapa tempat. Diantaranya Jalan Pemuda Muntilan, Jalan Kartini Muntilan, Jalan Borobudur, pada Selasa (11/1/2022).

Kasatlantas Polres Magelang, AKP Faris Budiman mengatakan, kegiatan ini mendasarkan pada Undang-Undang No 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, Undang-Undang No 22 Tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan, dan Renja Satlantas Polres Magelang Tahun 2022. “Maksud dan Tujuan adalah Polri hadir di tengah-tengah masyarakat untuk melaksanakan sosialisasi dan penertiban penggunaan Knalpot brong serta patuh dan tertib berlalu lintas,” katanya di sela-sela kegiatan sosialisasi.

Disebutkan, jika kegiatan ini juga dalam rangka melaksanakan Dikmas Lantas dengan sasaran para pemilik bengkel maupun toko penjual knalpot serta masyarakat khususnya para pengendara. “Mereka kita himbau agar tidak membuat, menjual serta memakai knalpot brong karena sangat mengganggu ketentraman, keamanan, dan ketertiban di jalan raya yang disebabkan kebisingan suara knalpot brong. Selain itu knalpot brong juga tidak sesuai peruntukannya yang telah diatur oleh peraturan perundang-undangan,” jelasnya.

Selain sosialisasi, pihaknya juga melaksanakan penindakan langsung terhadap pelanggaran kasat mata, terutama terhadap para penggunaan knalpot tidak standar (Brong/Racing), sesuai dengan pasar 285 ayat 1 Undang Undang No. 22 tahun 2009. “Tadi kita berhasil melakukan penindakan tilang 25 pelanggaran dengan barang bukti 25 sepeda motor roda dua,” pungkasnya. (Bag)

BERITA REKOMENDASI