Diminta Notifikasi, Pemilik KTP-el di Kebumen Bingung

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Warga masyarakat pemilik kartu tanda penduduk elektronik  (KTP-el) buatan tahun 2012 di Kebumen banyak yang merasa bingung karena  diperintahkan untuk melakukan notifikasi terhadap KTP miliknya di kantor  kecamatan masing-masing. 

"Sebagian ada yang sudah mendatangi kantor kecamatan, namun banyak pula yang belum mau melakukan perintah itu karena masih merasa bingung dengan isi perintah  tersebut," ujar Kabid Kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpil) Kebumen, Ulfah Muswardani MM, di ruang kerjanya, Selasa  (04/09/2018).

Dijelaskan oleh Ulfah bahwa perintah agar menotifikasi KTP-el buatan tahun 2012 tersebut diterima warga masyarakat melalui pesan singkat di telpon genggam mereka.  "Tahun 2017 lalu kejadian pengiriman pesan singkat semacam itu pernah muncul  dan banyak warga masyarakat yang melaporkannya kepada kami. Saat itu kami tegaskan bahwa masyarakat tak usah mempercayai pesan singkat itu karena Kementerian Dalam  Negeri (Kemendagri) tak memiliki program pengiriman singkat semacam itu kepada pemilik KTP-el buatan tahun 2012," ujar Ulfah.

Menurut Ulfah, berdasarkan penjelasan Dirjen Dukcapil Kemendagri semua KTP-el  dinyatakan berlaku untuk seumur hidup. Begitu pula halnya dengan KTP-el yang dibuat tahun 2012 lalu, secara otomatis berlaku seumur hidup, tanpa harus melalui proses perpanjangan. Dengan demikian, perintah untuk menotifikasi di kantor kecamatan melalui pesan singkat tersebut adalah 'hoax' atau kabar bohong. (Dwi)

BERITA REKOMENDASI