Dinas Kelautan Jateng Tebarkan 692 Ribu Ikan

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG (KRjogja.com) – Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi Jawa Tengah, memberikan bantuan 692 ribu bibit ikan ke Dinas Peternakan dan Perikanan (Peterikan) Kabupaten Magelang. Selanjutnya, bantuan bibit ikan tersebut disalurkan ke sejumlah komunitas peduli sungai Magelang dan pemerintah desa yang dialiri 10 sungai diwilayah ini.

Yang menarik, bantuan diberikan bersamaan dengan rafting bersama para pejabat dan perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam rangka memperingati HUT ke-34 Kota Mungkid, Kamis (15/03/2018). Dalam kegiatan ini, juga melibatkan paguyuban operator arung jeram magelang (PAOJM).

“Bantuan yang kami berikan ini terdiri dari ikan mujahir, nila, karper, patin, nilem dan tawes. Ini juga sekaligus untuk mengkampanyekan ayo makan ikan agar keluarga sehat, kuat dan cerdas,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Tengah, Ir Lalu M Syarifadi MM, disela-sela penyerahan bibit ikan di Kampung Ulu, Kecamatan Mungkid.

Diakui Lalu, jika di Jawa Tengah, tingkat konsumsi ikan masih sangat masih kurang. Karena itulah, pihaknya akan terus mengkampanyekan Program Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan). “Selama ini, masyarakat masih banyak mengkonsumsi non ikan. Seperti tempe, daging-dagingan dan lainnya. Padahal, produktifitas ikan baik darat maupun laut di Jawa Tengah, masih sangat tinggi. Namun disayangkan, tingkat konsumsi ikan di masyarakat masih sangat kurang. Ini yang harus kita tingkatkan,” harapnya.

Pj Bupati Magelang, Ir Tavip Supriyanto mengapresiasi kegiatan yang dilakukan baik oleh Dinas Kelautan dan Perikana Jawa Tengah, maupun Dinas Peterikan Kabupaten Magelang tersebut. “Sangat positif. Apalagi acaranya dikemas dengan rafting bersama seperti ini. Selain untuk menjaga ekosistem dan kebersihan sungai, juga untuk meramaikan dunia pariwisata khususnya rafting di sungai elo,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Peterikan Kabupaten Magelang, Ir Sri Hartini mengatakan, kegiatan pelestarian benih ikan tahun ini, bersamaan dengan Gemarikan dengan demo olahan dari bahan ikan. Dalam kegiatan ini, diikuti perwakilan dari Dharma Wanita dan PKK sejumlah kecamatan diwilayah ini. “Dalam kegiatan ini, kami tebarkan 70 ribu ekor benih ikan di 10 sungai. Salah satunya di Sungai Elo. Untuk jenisnya, terdiri dari ikan beong, tawes, karper dan nilem berasal dari anggaran pemkab magelang. Bersamaan dengan itu, kami juga lakukan embinaan pokwasmas yaitu sosialisasi pelestarian sumber daya hayati perairan yang diikuti 70 peserta,” pungkasnya. (Bag)

 

BERITA REKOMENDASI