Dinas Kesehatan Siagakan Puskesmas di Jalur Ramai

Editor: KRjogja/Gus

TEMANGGUNG (KRjogja.com) – Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung menyiagakan seluruh puskesmas dan tenaga kesehatan yang ada untuk pelayanan terbaik pada warga pada musim libur di akhir tahun 2016 dan awal tahun 2017.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung dr Supardjo MKes mengatakan kesiapsiagaan diperlukan mengingat pada musim libur biasanya banyak kejadian yang sifatnya darurat sehingga perlu penanganan medis cepat. Kejadian itu seperti, diare, kecelakaan, dan keracunan massal.

"Semua puskesmas telah diperintahkan untuk siaga termasuk seluruh tenaga medisnya. Tenaga medis yang lepas piket harus on call," katanya, Rabu (28/12).

Dikatakan di Temanggung terdapat sekitar 24 puskesmas dengan lima diantara puskesmas rawat inap. Puskesmas yang berada di jalur ramai selain siaga juga telah diminta memperhatikan stok obat-obat agar tidak kehabisan saat dibutuhkan, Dinas Kesehatan juga telah mensiapkannya untuk sewaktu-waktu diambil bila dibutuhkan.

Puskesmas yang berada di jalur ramai, terang dia, diantaranya Kranggan, Kledung, Bejen, Candiroto, Temanggung, Bulu dan Kedu. Untuk Puskesmas biasa tidak siaga 24 jam, tetapi yang puskesmas rawat inap siaga 24 jam, berikut dokter jaga.

Dia mengemukakan pada libur akhir tahun, tidak mendirikan pos pelayanan kesehatan di pinggir jalan seperti pada lebaran, sebab pemakai jalan tidak sebanyak saat lebaran sehingga dinilai masih bisa dilayani di puskesmas atau layanan kesehatan.

Tim khusus kejadian luar biasa, ungkapnya juga siaga 24 jam di kantor Dinas Kesehatan. Tim ini terdiri dari dokter, perawat, tenaga labolatorium, ahli kesehatan lingkungan, dengan dilengkapi peralatan kesehatan serta mobil.

" Semoga tidak ada kejadian luar biasa dan kejadian menonjol selama liburan ini. Meski begitu kami tetap siaga," katanya.

Direktur RSUD Temanggung dr Artiono MKes mengatakan telah meningkatkan kesiagaan pada musim liburan untuk mengantisipasi segala kemungkinan. Kejadian yang seringkali meningkat adalah kecelakaan lalu lintas dan keracunan. " Kami siapkan tempat tidur ekstra untuk mengantisipasi kejadian luar biasa. Pasien kami layani yang terbaik," katanya. (Osy)

 

 

BERITA REKOMENDASI