Dinas Pendidikan Kebumen Gagal Anggarkan Pentas Seni

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Simulasi pentas seni dengan menggunakan protokoler Covid-19 di tengah berlangsungnya pandemi Covid-19 sudah pernah dilakukan Dinas Pendidikan Kebumen, beberapa waktu lalu. Kendati demikian, permintaan pentas bagi para pekerja seni di Kebumen hingga awal September 2020 masih sepi.

Bahkan, Dinas Pendidikan Kebumen pun gagal menganggarkan kegiatan pentas para pekerja seni Kebumen dalam APBD Perubahan Kebumen 2020. “Selama 3 bulan terakhir ini kami baru mengeluarkan 2 rekomendasi pentas untuk pekerja seni Kebumen, yaitu di Kebumen dan Kabupaten Purworejo. Padahal sebelum ada pandemi Corona kami bisa memberikan ratusan rekomendasi untuk pentas di dalam dan luar Kebumen, bahkan beberapa diantaranya untuk pentas di luar negeri,” ujar Kabid Pendidikan Anak Usia Dini Pendidikan Masyarakat dan Kebudayaan Dinas Pendidikan Kebumen, Seha Rahayu MM, Kamis (03/09/2020).

Menurut Seha, ratusan pekerja seni Kebumen terdiri dari seni pedalangan, seni tari, seni karawitan dan beberapa jenis seni lainnya yang terdampak pandemi Covid-19, hingga awal September 2020 belum mendapatkan frekuensi pentas sebagaimana sebelum pandemi terjadi.

BERITA REKOMENDASI