Dinas Pertanian Bagikan Vitamin Anti Cacing

Editor: Ivan Aditya

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Hewan ternak khususnya sapi di Sukoharjo mendapatkan obat anti cacing dan vitamin. Pemberian dilakukan oleh Dinas Pertanian (Dispertan) Sukoharjo sebagai bagian dari persiapan menghadapi Idul Adha. Petugas juga melakukan pengawasan kesehatan sebagai syarat sapi siap disembelih.

Kepala UPTD Pos Kesehatan Hewan Dispertan Sukoharjo, Leni Sri Lestari mengatakan, langkah antisipasi terhadap berbagai kemungkinan munculnya penyakit dan kondisi tidak layak terhadap hewan kurban khususnya sapi sudah dilakukan. Dalam pengawasan di lapangan petugas melakukan pemeriksaan kesehatan sekaligus memberikan obat anti cacing dan vitamin kepada sapi kurban.

Kegiatan tersebut sudah dilaksanakan oleh Dispertan Sukoharjo sejak beberapa pekan lalu. Total ada 2.500 ekor sapi kurban disasar oleh petugas dengan pemeriksaan dilanjutkan pemberian obat anti cacing dan vitamin. “Total ada 12 orang petugas kami libatkan untuk kegiatan pengawasan sekaligus pemberian obat anti cacing dan vitamin dengan sasaran sapi kurban di 12 kecamatan,” ujar Leni kepada KRjogja.com, Selasa (23/08/2016).

Di Kabupaten Sukoharjo terdapat sejumlah sentral penjualan sapi dengan adanya pasar hewan. Seperti di Pasar Hewan Bekonang Mojolaban, Pasar Hewan Gawok Gatak, Pasar Hewan Tawangsari.

Dalam kegiatan pengawasan di lapangan petugas juga memberikan informasi serta sosialisasi kepada pedagang maupun peternak. Mereka diharapkan merawat sapi dengan benar agar kesehatannya terjaga. Selain itu mereka juga diminta memberikan informasi apabila menemukan penyakit pada sapi. (Mam)

BERITA REKOMENDASI