Dinas Peterikan Genjot Konsumsi Ikan

MAGELANG, KRJOGJA.com – Dinas Peternakan dan Perikanan (Peterikanan) Kabupaten Magelang memperingati hari ikan nasional selama dua hari mulai Selasa-Rabu (11-12/12/2019), di Halaman Kantor Peterikanan. Dalam kegiatan itu, dilaksanakan berbagai kegiatan. Mulai lomba melukis, mewarnai, lomba senam gemar ikan (gemari), deklamasi dan lomba memasak dengan bahan utama dari ikan.

Kepala Dinas Peterikan, Ir Sri Hartini dalam sambutannya mengatakan, tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan tingkat konsumsi ikan. Dimana diwilayahnya hingga saat ini, masih rendah. Bahkan dibanding tingkat propinsi Jawa Tengah. 

"Kalau tingkat propinsi, saat ini sudah lebih dari 24 kg/kapita/tahun. Sedang di kabupaten magelang, hingga saat ini baru 18,61 kg/kapita/tahun. Sementara tingkat nasional, sudah mencapai 45,11 kg/kapita/tahun," katanya.

Meningkatkan tingkat konsumsi ikan ini, lanjut Sri Hartini, menjadi tantangan bagi pihaknya untuk meningkatkan paling tidak menyamai tingkat nasional.Karena itu, dinas membudayakan makan ikan di masyarakat terutama di kalangan generasi muda. 

"Melalui gemarikan ini, diharapkan tumbuh kesadaran gizi individu mau pun kolektif masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan yang aman, sehat dan bergizi dengan melibatkan seluruh elemen bangsa,” lanjutnya. (Bag)

BERITA REKOMENDASI