Dinkes Kebumen Sediakan Obat Penangkal Serangan Ubur-Ubur

Editor: KRjogja/Gus

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Obat-obatan penangkal serangan ubur-ubur disediakan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kebumen di 7 posko kesehatan di 7 obyek wisata pantai di Kebumen, sejak Kamis (07/06/2018) atau H – 8 hingga Sabtu (24/06/2018) atau H + 8 Lebaran 2018.

" Berdasarkan pengalaman tahun-tahun lalu, masa Lebaran yang bersamaan  dengan musim ubur-ubur di perairan laut Kebumen menyebabkan banyak wisatawan yang terkena racun ubur-ubur. Karena itu, sebagai antisipasinya pada 7 posko kesehatan di 7 obyek wisata pantai kami menyediakan obat-obatan penangkal racun ubur-ubur, baik obat telan maupun obat suntik," ujar Kepala Dinkes Kebumen, Hj Rini Kristiani MKes, di ruang kerjanya, Rabu (06/06/2018).

Dampak sengatan ubur-ubur menurut Rini tak boleh dianggap sepele. Selain menyebabkan sakit dan gatal hampir di sekujur tubuh, juga bisa menyebabkan penderita pingsan karena racun bisa menyerang hingga ke organ pernapasan.

"Karena itu petugas kami di posko-posko kesehatan obyek wisata pantai Lebaran 2018 harus menyiapkan diri sebaik mungkin untuk penanganan pasien yang terserang ubur-ubur," ujar Rini.

Posko kesehatan di obyek wisata Dinkes Kebumen sejak H – 8 sampai H + 8 Lebaran 2018 berada di 12 lokasi, masing-masing di Gua Jatijajar/Pantai Logending, Pantai Menganti/Pantai Watubale, Pantai Suwuk, Pantai Petanahan, Pantai Setrojenar, Pacuan Kuda/Pantai Ambal, Pantai Lembupurwo, Jembangan, Pemandian Air Panas Krakal, Waduk Sempor, Pantai Karangbolong dan Benteng Van der Wijck.

Dinkes Kebumen selama masa Lebaran 2018 juga mendirikan 23 posko kesehatan di 23 lokasi tepi jalan raya lintas tengah, selatan dan tempat-tempat umum di Kebumen serta 10 rumah sakit dan 35 puskesmas 24 jam.

"Di setiap posko tim kesehatan terdiri dari 1 orang dokter, 1 orang perawat/bidan, 1 orang pengemudi dan 1 unit ambulans," jelas Rini. (Dwi)  

BERITA REKOMENDASI