Dinkes Magelang Bidik Rapid Test 57 Desa

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG, KRJOGJA.com – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dan Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, melaksanakan Rapid Test di 57 desa serentak, mulai Senin hingga Rabu (8-13/6/2020). Sebanyak 57 desa itu dipilih, karena sebelumnya ditemukan warga terkonfirmasi positif dan ada Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang meninggal.

“Sebanyak 57 desa itu, menjadi desa prioritas yang harus diawasi. Sebelumnya juga telah ditemukan pasien terkonfirmasi positif dan PDP yang meninggal dunia,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Retno Indriastuti.

Sebanyak 57 desa tersebut, kata Retno, tersebar di Kecamatan Mertoyudan, Dukun, Ngablak, Secang. Candimulyo, Bandongan, Sawangan, Kajoran, Mungkid, Windusari, Tegalrejo, Tempuran Srumbung, Salaman, Kaliangkrik, Muntilan, Salam, Ngluwar dan Grabag.

“Tes bisa dilaksanakan di balai desa, kantor kecamatan dan pasar. Secara teknis Diatur oleh satgas kecamatan, tim nya yang turun ke desa, atau warga diundang ke kecamatan, teknis kami serahkan pengaturannya kepada satgas kecamatan,” jelasnya.

Retno menambahkan, pihaknya telah melakukan Rapid Test mulai bulan Maret 2020, telah melaksanakan 2743 rapid test, kemudian ditambah 2900 sasaran hingga 13 Juni mendatang. “Senin (8/6/2020), kami juga melakukan rapid test kepada 83 ASN di lingkungan Pemkab Magelang. Adapun total target sasaran ada 7000 Rapid Test,” pungkasnya. (Bag)

BERITA REKOMENDASI