Disdik Kebumen Dokumentasikan Piktorial 20 Cagar Budaya

Editor: Agus Sigit

KEBUMEN KRJOGJA.com – Dinas Pendidikan (Disdik) Kebumen mengagendakan 20 cagar budaya yang tersebar di sejumlah kecamatan di Kebumen untuk didokumentasikan secara piktorial, dalam waktu dekat ini.

” Kegiatan pendokumentasian cagar budaya tercakup dalam 2 jenis yaitu secara verbal atau berupa diskripsi tulisan ataupun narasi. Serta, secara piktorial atau berupa gambar, foto dan video. Namun untuk kegiatan Pendokumentasian Cagar Budaya Tahun 2020 Kabupaten Kebumen kami putuskan secara piktorial,” ujar Kasi Kebudayaan Dinas Pendidikan Kebumen, Bambang E Susilohadi SPd, usai Rakor Dokumentasi Cagar Budaya Kabupaten Kebumen 2020, di Aula Disdik Kebumen, Senin (24/02/2020).

Dalam kegiatan pendokumentasian tersebut semua jenis obyek cagar budaya berupa benda, bangunan, struktur, situs maupun kawasan akan didokumentasikan secara pitorial oleh sebuah tim yang dibentuk Disdik Kebumen.

” Upaya pendokumentasian cagar budaya secara piktorial tersebut terkait dengan upaya pelestarian dan berbagai keperluan serta kepentingannya di masa depan. Karena itu, upaya pendokumentasiannya akan dilakukan secara terperinci dan menyeluruh yang terkait dengan informasi obyek dokumentasi,” ujar Bambang.

Adapun rencana daftar cagar budaya Kebumen yang akan didokumentasikan secara piktorial di tahun 2020 diantaranya 3 bangunan cagar budaya di Kecamatan Ambal yaitu Mesjid Agung Ambalresmi di Desa Ambalresmi, SDN 1 Ambalresmi di Ambalresmi dan Makam R Poerbonegoro di Desa Benerwetan.

Juga, dua makam di Desa Pesuningan Kecamatan Prembun yaitu Makam Mbah Si Luh dan Makam Mbah Lamdaur. Adapula, Makam Ki Bodronolo di Karangkembang Kecamatan Alian, Situs Danang Sutowijoyo di Kaligending Kecamatan Karangsambung dan Lingga Yoni di Sumberadi Kecamatan Kebumen.

Selain itu, Makam KRT Kolopaking di Kalijirek Kecamatan Kebumen, Lawang Kori di Nampudadi Kecamatan Petanahan, Benteng Van der Wijck di Sedayu Kecamatan Gombong serta Pesanggrahan Pangeran Diponegoro di Kejawang Kecamatan Sruweng Kebumen.(Dwi)

 

BERITA TERKAIT