Disela Vaksinasi Kemenhub, Jasa Raharja Salurkan Bantuan 500 Paket Sembako

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – PT Jasa Raharja turut ambil bagian dalam pelaksanaan vaksinasi yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di Kabupaten Purworejo, Sabtu (28/08/2021). Perusahaan itu berkolaborasi dengan Pertamina membagikan 500 paket sembako untuk warga terdampak Covid-19.

Penyerahan paket sembako secara simbolis dilakukan disela vaksinasi yang dihadiri Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi di Kantor Kecamatan Bagelen. “Semoga apa yang kami berikan bisa meringankan beban masyarakat dalam menghadapi pandemi,” kata Direktur Hubungan Kelembagaan PT Jasa Raharja Munadi Herlambang, kepada KRJOGJA.com, usai penyerahan sembako.

Selain paket sembako, Jasa Raharja juga menyerahkan bantuan paket buah nusantara untuk para tenaga medis yang terlibat dalam kegiatan vaksinasi. Selain itu, pemerintah juga menyerahkan bantuan helm SNI untuk masyarakat, dalam rangka kampanye keselamatan berlalu lintas.

Menurut Munadi, masyarakat menghadapi persoalan yang berat akibat pandemi, di mana mereka membutuhkan uluran bantuan serta kepedulian dari berbagai pihak. “Untuk itu kami turut hadir, memberikan uluran, sehingga masyarakat selalu merasa bahwa mereka masih banyak yang memperhatikan,” tegasnya.

Sementara itu, dalam kegiatan vaksinasi di Kabupaten Purworejo itu, pemerintah menyuntikkan 3.000 dosis vaksin. Kegiatan dilaksanakan secara serentak di 13 puskesmas di sejumlah kecamatan Kabupaten Purworejo.

Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, vaksinasi di Kabupaten Purworejo merupakan bagian dari upaya penanggulangan pandemi di kawasan sekitar bandara. Purworejo merupakan kabupaten di Jawa Tengah yang letaknya paling dekat dari Bandara Internasional Yogyakarta (BIY).

Sementara bandara itu, kata Menhub, akan beroperasi lebih maksimal lagi dalam waktu dekat, seiring dengan dioperasikannya kereta api (KA) bandara. Kereta tersebut memperpedek waktu tempuh dari Yogyakarta, dari 1,5 jam menjadi 45 menit.

Menhub menjelaskan, bahwa pemerintah memiliki kepentingan yang tinggi untuk melaksanakan vaksinasi di Purworejo, seiring semakin ramainya bandara.”Seperti pesan Presiden Joko Widodo, bahwa vaksinasi harus rutin dan intensif sehingga mampu menciptakan kekebalan komunitas,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti mengemuakakan, pemerintah daerah berterima kasih dengan kegiatan yang diselenggarakan Kemenhub. Menurutnya, vaksinasi sangat penting dalam mendukung upaya Pemkab Purworejo mengendalikan pandemi.

“Saat ini Purworejo sedang naik level, setelah kemarin turun ke level tiga, kini naik lagi ke level empat, karena tingkat kematian yang cukup tinggi. Maka harapannya setelah vaksinasi secara masif, pandemi semakin terkendali,” tandasnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI