Dishub Periksa Kesiapan Sopir dan Kelayakan Bus

Editor: Ivan Aditya

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Menjelang datangnya hari H Lebaran 2017,  Kementerian Perhubungan bekerjasama dengan Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan Polres Kebumen melakukan kegiatan pemeriksaan terhadap bus-bus antar kota beserta para awaknya di Terminal Bus Kebumen.

"Selain melakukan cek ram atau pemeriksaan kelaikan kondisi bus, kami juga melakukan cek kesehatan terhadap para awak  busnya. Cek kesehatan ini terdiri dari cek gula darah, kadar amphetamin dalam urine dan tekanan darah," ungkap Kepala Terminal Bus Kebumen, Mukhlisin SSos, di Posko Cek Ram dan Kesehatan Terminal Bus Kebumen, Rabu (21/06/2017).

Dalam kegiatan yang dilakukan pada Rabu (21/06/2017) dan Kamis (22/06/2017) tersebut petugas memeriksa berbagai komponen bus seperti rem, mesin, ban, lampu dan emisi gas buang. Bagi bus yang dinyatakan laik, pada kaca depan bus ditempeli stiker oleh petugas. Sedangkan bagi bus yang tak laik, akan dikenakan surat peringatan agar segera menyelesaikan perbaikan kondisi busnya.

Sedangkan cek kesehatan bagi para awak bus melalui pemeriksaan darah dan urine untuk mengetahui kadar gula dan amphetamin serta ada tidaknya kandungan alkohol dan narkobanya. Mereka juga diperiksa tekanan darahnya.

"Para awak bus yang dinyatakan baik kondisi kesehatannya setelah pemeriksaan, kami beri surat keterangan sehat. Sedangkan bagi awak bus yang diketahui tak sehat ataupun terindikasi mengonsumsi alkohol ataupun narkoba kami minta untuk tak melanjutkan perjalanan sampai kondisinya pulih kembali," jelas Mukhlisin. (Dwi)

BERITA REKOMENDASI