Disparpora Gelar FLM 2019

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG, KRJOGJA.com – Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang, kembali menggelar even spektakuler pada Jumat – Minggu (2-4/8/2019) ini. Even bertajuk Festival Lembah Merapi (FLM) ini, akan mengangkat budaya lokal yang dikemas dengan entertain.

“Dalam Festival Lembah Merapi 2019 akan digelar di Gunung Gono, Desa Banyubiru, Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang, Even ini dipastikan berbeda dengan even-even lainnya karena disajikan di atas sebuah bukit dengan panorama indah Merapi dan Merbabu,” kata Kepala Disparpora Kabupaten Magelang, Iwan Sutiarso didampingi Plt Kabid Pemasaran dan Kelembagaan, Zumrotun Rini, Jumat (02/08/2019).

Festival Lembah Merapi 2019 ini, kata Iwan, mengangkat tema ‘Sakyek Saeko Proyo’. “Kami berharap, melalui even ini, kawasan Lereng Gunung Merapi yang ada di Kabupaten Magelang semakin terkenal karena daya tarik dan potensinya. Dengan konsep budaya dan entertain yang tidak biasa ini, semoga mampu menumbuhkan pariwisata diwilayah ini,” harapnya.

Untuk menguatkan konsep culture dalam even ini, akan digelar berbagai kegiatan. “Dalam event ini 20 kesenian daerah Kabupaten Magelang akan mengikuti perlombaan, Sendra Tari Candrageni Merapi, Kirab Budaya dan Gregek Gunungan, Parade Hewan Hias, Sunrise Musik dan Musik Symphony Gunung,” lanjutnya.

Ditambahkan, jika pihaknya juga mengkonsep penataan lokasi festival dibuat se khas mungkin dengan menunjukkan identitas sebagai kampung merapi jaman dahulu. “Mulai dari puluhan stand stand kuliner dan UMKM dengan nuansa kampung, foto boot ala kampung Merapi, serta konsep panggung dengan latar belakang pemandangan langsung gunung Merapi dan Merbabu,” imbuhnya.

Pengunjung akan diajak menikmati musik di saat matahari terbit diantara Gunung Merbabu dan Merapi saat sunrise musik, dan puncak acara musik Symphoni bersama artis nasional Ifan eks vokalis Seventeen Band. “Keindahan dan nuansa kampung lembah Merapi dengan menikmati cuaca yang sejuk tentunya pengunjung akan penuh kenangan,” jelasnya.

Sementara Kepala Desa Banyubiru, Wintoro menambahkan, selama festival berlangsung, para pengunjung bisa tinggal di home stay yang telah disediakan. “Untuk pengunjung yang ingin menginap bisa kita sediakan home stay di sekitar lokasi,” imbuhnya.

Lebih lanjut, dia berharap even ini semakin mengenalkan kawasan wisata Gunung Gono sebagai salah satu destinasi wisata di Kabupaten Magelang. “Gunung Gono merupakan wisata alam yang menyajikan panorama keindahan alam dengan background Gunung Merapi dan Merbabu yang bersebelahan dan sunrise keren dimana matahari tampak terbit dari celah kedua gunung tersebut,” pungkasnya. (Bag)

 

 

BERITA REKOMENDASI