Disparpora Magelang Susun Paket Wisata Antar KSP

Editor: Agus Sigit

MAGELANG, KRJOGJA.com – Pemkab Magelang melalui Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olah Raga menyusun paket wisata antar Kawasan Strategi Pengembangan (KSP). Hal ini merupakan bagian dari review Riparda dan salah satu rekomendasi dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait pengembangan kepariwisataan di Kabupaten Magelang.
“Berkah buat kami, untuk membuat wisata Magelang gumregah, masyarakat Magelang sejahtera. Terkait hal itu, kami menyusun paket-paket wisata. Jadi tidak ada lagi, Kecamatan Windusari, Bandongan dapat apa? Semua harus merasakan saat borobudur dibanjiri wisatawan,” kata Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Magelang, Slamet Achmad Husein, SE, MM Jumat (25/2/2022).
Disampaikan, jika pihaknya berharap semua pihak untuk mensinergikan semua energi, pemikiran untuk mewujudkan lama tinggal wisatawan di Magelang.
“Lama tinggal bukan lagi wacana dan mimpi, tapi harus kita bersama-sama realisasikan. Bukan hanya satu, dua hari, tapi tiga atau mungkin lima hari wisatawan harus tinggal di Magelang. Sinergi ini prioritas yang harus kita wujudkan,” lanjutnya.
Selain menyusun paket-paket wisata itu, kata Husein, promosi dengan road show ke sejumlah daerah harus dilakukan. “Syukur bisa setiap bulan. Namun road show itu harus benar-benar jualan apa yang kita miliki. Biro dan owner wisata, sekaligus mencari apa yang belum kita miliki dari daerah-daerah itu,” harapnya.
Dalam penyusunan paket wisata ini, didapatkan beberapa paket wisata. Baik dalam KSP maupun antar KSP. KSP di Kabupaten Magelang sendiri, dibagi menjadi empat KSP. Meliputi KSP A terdiri dari Kecamatan Windusari, Kaliangkrik, Kajoran, Tempuran, Bandongan dan Secang. Kemudian KSP B, terdiri dari Kecamatan Grabag, Ngablak, Tegalrejo, Pakis, Sawangan dan Candimulyo.
Untuk KSP C, terdiri dari Kecamatan Srumbung, Dukun dan Muntilan. Terakhir KSP D, terdiri dari Kecamatan Mertoyudan, Salam, Ngluwar, Borobudur, Mungkid dan Salaman.
“Dalam KSP sendiri, terdapat wisata unggulan. Di KSP A misalnya, ada Nepal Van Java di Lereng Gunung Sumbing. Di KSP B, ada wisata Telomoyo dan Andong di lereng Gunung Merbabu. KSP C di lereng Merapi, ada wisata agro petik buah salak dan wisata jeep di jurang jero. Sedang di KSP D, dengan ikonnya Candi Borobudur dan kawasannya di lereng perbukitan Menoreh,” pungkasnya. (Adv)

BERITA REKOMENDASI