Disporawisata Kebumen Gelar Pelatihan Wisata

Editor: KRjogja/Gus

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Kecamatan Padureso merupakan salah satu kecamatan di Kebumen yang memiliki sejumlah kawasan air seperti bendung dan sungai yang bisa dijadikan sebagai obyek wisata air.

"Diantaranya, Sungai Badegolan yang memiliki panorama indah di sekitarnya dan daerah aliran sungainya sangat berpotensi untuk penelusuran maupun petualangan kawasan sungai," ujar Kabid Pemasaran Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporawisata) Kebumen, Martinus Yudantoro MSi, di ruang kerjanya, Kamis (02/01/2020).

Dengan pertimbangan itulah, Disporawisata Kebumen menggelar Pelatihan Wisata Air 2019 bagi para anggota komunitas pecinta wisata air di Kebumen. Pelatihan digelar selama dua hari, baru-baru ini, dengan 2 narasumber, yaitu Akhmad Fajar M dari The Pikas Banjarnegara dan Aris Sudaryanto MM dari SAR Banjarnegara.

"Jumlah peserta ada 30 orang berasal dari 2 komunitas pecinta wisata air Kebumen. Mereka kami beri pengetahuan secara teori dan praktek dalam berwisata dan berpetualang di air dari para narasumber yang kompeten di bidangnya," ujar Martinus.

Materi yang diberikan diantaranya Ecotourism Wisata Air, Tehnik Dasar Arum Jeram dan Water Rescue atau Metode Pertolongan Di Dalam Air.

Berdasarkan pengamatan Panitia semua peserta nampak antusias mengikuti berbagai materi dari narasumber. Selain dibutuhkan untuk managemen resiko berwisata di kawasan air, juga bisa membuat wisatawan merasa aman dan nyaman.

"Pada pelatihan hari pertama peserta mendapatkan teori dan pada hari kedua diberikan praktek semua materi," ujar Martinus. (Dwi)

 

 

BERITA REKOMENDASI