Dispuspa Gelar Lomba Jingle Perpustakaan

MAGELANG, KRJOGJA.com – Memeriahkan HUT ke-36 Kota Mungkid, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispuspa) menggelar aneka lomba. Meliputi lomba cipta lagu jinggle perpustaan, lomba penulisan artikel populer, bercerita dan lomba pidato Bahasa Jawa.

“Lomba-lomba ini selain untuk pelajar ada juga yang khusus untuk masyarakat umum. Hanya saja, harus ber KTP Kabupaten Magelang. Yakni cipta lagu jinggle perpustakaan. Untuk yang dari peserta pelajar, meliputi lomba menulis artikel populer setingkat SMA, SMK dan MA atau sederajat. Untuk pelajar SMP atau Mts, bisa ikut di lomba pidato bahasa jawa. Sedang pelajar SD atau MI, bisa mengikuti lomba bercerita,” kata Kepala Dispuspa, Bela Pinarsi, SH MM, Rabu (26/2/2020).

Selain untuk memeriahkan HUT ke-36 Kota Mungkid, kata Bela, aneka lomba ini bertujuan juga untuk meningkatkan jumlah kunjungan di perpustakaan. Sedang ketentuan lomba jinggle ini, lanjut Bela, jinggle bukan saduran. Kemudian, mengandung kata-kata perpustakaan kabupaten magelang dan ajakan membaca. Untuk durasi antara satu sampai tiga menit. Selain itu, karya belum pernah dipublikasikan atau diikutertakan dalam lomba apapun. Tidak boleh berisi sara, pornografi, partai politik dan bertentangan dengan norma yang berlaku.

Para juara selain akan mendapatkan trophy Bupati Magelang dan sertifikat, ada juga uang pembinaan. Untuk juara pertama akan menerima Rp 3 juta, juara kedua Rp 1,5 juta, juara ketiga akan memperoleh Rp 1,250 juta. Sedang juara harapan satu hingga tiga, masing-masing akan mendapatkan Rp 1 juta, Rp 750 ribu dan Rp 500 ribu. (Bag)

BERITA TERKAIT