Distribusi Rastra Selama Ramadhan Aman

Editor: KRjogja/Gus

TEMANGGUNG (KRjogja.com) – Perum Bulog Sub Divre V wilayah Kedu memastikan distribusi rastra selama Ramadan di wilayah kerjanya aman. Di beberapa kabupaten keluarga penerima manfaat (KPM) ada yang mendapat tiga kali rastra yang dimaksudkan untuk mencukupi kebutuhan masyarakat akan beras sekaligus menstabilkan harga. 

Wakil Kepala Perum Bulog Sub Divre V wilayah Kedu Joko Pamungkas mengatakan penyaluran rastra di bulan puasa yakni pada akhir Mei sampai awal Juni 2017 yang merupakan alokasi rastra April 2017. Sementara untuk alokasi bulan Mei dan Juni disalurkan pada Juni. "Jadi Ramadan ini ada KPM yang mendapat tiga kali distribusi," katanya, Selasa (6/6).

Dia mengatakan dengan mendapat alokasi rastra tersebut KPM tidak perlu lagi membeli beras untuk mencukupi kebutuhan akan beras, bila toh membeli tidak terlalu banyak. Sebab dalam rentang satu bulan mereka menerima sekitar 45 kilogram. 

"Semoga langkah ini dapat membantu warga dalam mencukupi kebutuhan beras. Dana yang harusnya untuk membeli beras dapat dialokasikan untuk yang lain," katanya.

Dia mengatakan Perum Bulog juga menggelar operasi pasar untuk stabilisasi harga di sejumlah pasar yang menjadi wilayah kerjanya. Pada operasi itu gula pasir dijual Rp 12.000 per kg, minyak goreng Rp 10.600 per botol isi 900 ml dan Rp 11.000 per liter, beras medium Rp 8.400 per kg dan Rp 42.000 per 5 kg, beras premium Rp 8.800 per kg dan Rp 44.000 per 5 kg, bawang merah Rp 2.000 per kg dan bawang putih Rp 38.000 per kg.

Dikemukakan barang yang dikirim pada operasi pasar disesuaikan kebutuhan atau dengan melihat respon pasar. Bila barang yang dibawa menipis dan diperkirakan membutuhkan lagi maka akan segera ditambah sesuai dengan kebutuhan, sebab stok di gudang memenuhi, seperti beras, minyak goreng, gula dan lainnya.

Operasi pasar, terangnya digelar sejak menjelang ramadan hingga lebaran mendatang untuk membantu masyarakat memenuhi sembako. Operasi pasar digelar sampai harga benar-benar stabil. Komoditas daging pun juga akan dilakukan operasi pasar jika memang membutuhkan, Bulog mempunyai stok daging kerbau. (Osy)

BERITA REKOMENDASI