Ditemukan Cacing, Panitia Kurban Musnahkan Hati Sapi

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Panitia penyembelihan hewan kurban di beberapa desa Kabupaten Purworejo memusnahkan hati sapi karena mendapati hati rusak akibat terjangkit cacing. Warga merelakan pemusnahan tersebut.

Temuan itu dilaporkan panitia kepada petugas kesehatan hewan yang disebar Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Purworejo. "Kami terima laporan, diantaranya dua hati rusak di Kecamatan Kaligesing. Kami juga masih menunggu laporan dari 16 kecamatan," ujar Kabid Peternakan DPPKP Purworejo, Siti Lestari, kepada KRJOGJA.com, Senin (12/8).

Menurutnya, panitia kurban telah melakukan sosialisasi terkait kesehatan hewan kepada warga. Mereka meminta masyarakat rela tidak mengonsumsi hati apabila ditemukan mengandung cacing.

Sosialisasi dilakukan karena hati sapi dinilai sebagai bagian tubuh hewan yang cukup diminati. "Karena itu, kami minta mereka menyampaikan kepada masyarakat, jangan memaksa konsumsi kalau hati rusak parah," ungkapnya.

Meski tidak menulari manusia, namun cacing merusak hati dan meninggalkan kotoran di dalamnya. "Kalau serangan belum parah, bisa dibuang sisi yang rusak, sedangkan yang bagus boleh dibagi. Tapi kalau parah, hati berlubang sarang cacing dan penuh kotoran, tentunya tidak layak konsumsi," tegasnya.

Ditambahkan, masyarakat Purworejo mulai peduli dengan kesehatan daging dan jeroan pasca penyembelihan hewan. Mereka tidak lagi menggunakan kantong plastik daur ulang untuk membungkus daging.

Bahkan beberapa panitia kurban menggunakan besek anyaman bambu. "Lebih aman dan alami, juga ramah lingkungan. Selain itu membantu pemasaran perajin besek," tandasnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI