Ditinggal ke Warung, Rumah Ludes Terbakar

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Rumah warisan milik Sunarto (51) warga RT 01 RW 03 Desa Besole Kecamatan Bayan Kabupaten Purworejo terbakar, Selasa (4/12) pagi. Bangunan berukuran 8 meter x 9 meter itu habis dilalap api ketika ditinggal pemiliknya pergi ke warung kopi.

Peristiwa terjadi ketika korban keluar rumah untuk beli kebutuhan setelah salat subuh, sekitar pukul 05.00. Sementara adik korban, Suyono yang juga tinggal di rumah itu, berangkat ke kebun untuk memupuk tanaman jagung. Tanpa diketahui sebabnya, api membakar rumah itu dan diketahui sejumlah tetangga korban sekitar pukul 05.30. Mereka mencari korban dan melakukan pemadaman dengan alat seadanya. 

"Warga menghubungi petugas jam 06.10, kami berangkatkan satu mobil pemadam," ungkap Kasi Damkar Kantor Satpol PP dan Damkar Purworejo, Sumaji, kepada KRJOGJA.com.

Sampai lokasi kejadian, api berhasil dipadamkan warga yang dibantu polisi dan TNI. Petugas damkar melakukan proses pendinginan. "Kondisi rumah terbakar habis, perabotan, surat penting dan sepeda motor korban. Kerugian ditaksir Rp 155 juta," tuturnya.

Penyelidikan penyebab kebakaran dilakukan petugas Polsek Bayan. Namun diperkirakan api bersumber dari hubungan pendek arus listrik. Sumaji mengimbau masyarakat untuk hati-hati dengan mematikan alat elektronik atau tungku dapur sebelum meninggalkan rumah.(Jas)

BERITA REKOMENDASI