Dodol Linggis Bermanfaat untuk Kesehatan

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Kulit buah manggis yang selama ini sering dibuang percuma, ternyata memiliki khasiat kesehatan  dan dapat diolah menjadi makanan yang bermanfaat. Setidaknya, di tangan para mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) kulit manggis dapat diolah menjadi dodol yang mereka namai dengan ‘Dodol Linggis Kebal Pepetung’.

“Produk olahan makanan ini menjadi alternatif baru makanan tradiosional dan bisa dijadikan oleh-oleh khas Purworejo. Selain bercita rasa tinggi khas dodol yang manis dan legit, dodol  ini juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh karena menggandung anti oksidan yang tinggi dan xanthone dari ekstrak kulit manggis,” kata Ketua Tim Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Dodol Linggis Kebal Pepetung UMP Nurfadilah Kris Wibowo, Rabu (31/07/2019).

Nurfadilah Kris Wibowo bersama rekan mahasiswa lainnya yang tergabung dalam tim, diantaranya Ardian Wiwin Saputra (Prodi Pendidikan Matematika), Dian Setiyanti dan Gilang Pratiwi (keduanya Prodi Pendidikan Fisika) menjelaskan, bahwa produk ini sudah tidak diragukan lagi mengenai rasa dan khasiatnya karena telah lolos PKM Dikti tahun 2018. “ Dodol herbal  pencegah penyakit jantung ini merupakan upaya pemanfaatan limbah kulit manggis untuk menjadi makanan sehat yang dapat dikonsumsi oleh semua kalangan,” tandasnya.

Prasetyo Budi Darmono MPd selaku dosen pembimbing, menyatakan bahwa hasil olahan ini menjadi produk inovatif yang sarat manfaat bagi kesehatan untuk konsumen dan dapat menambah penghasilan bagi petani manggis dengan dibeli limbah kulitnya. (Nar)

BERITA REKOMENDASI