Dongkrak Ekonomi Warga, Bappeda Bidik Pengembangan Wisata

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG, KRjogja.com – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Litbangda Kabupaten Magelang, menggelar kegiatan Penguatan Perencanaan Pengembangan Pariwisata Kabupaten Magelang, Selasa (20/10/2020). Salah satu tujuannya, untuk mencari data terkait dengan pengembangan destinasi wisata guna mendongkrak ekonomi warga sekitar destinasi.

“Dalam kegiatan ini peserta melakukan survei dan observasi langsung ke lapangan, sehingga akan mendapatkan data yang sesuai dengan kenyataan yang ada, dalam hal ini adalah destinasi wisata di wilayah Grabag dan Ngablak, untuk mencari informasi terkait apa saja yang dibutuhkan untuk destinasi wisata tersebut,” kata Kepala Bappeda Kabupaten Magelang, Sugiyono, disela-sela kegiatan.

Dalam survei tersebut mengacu kepada holistik, tematik, terpadu, dan berbasis komunitas, dimana masyarakat harus ikut memiliki, ikut menjaga dan mengembangkan, sehingga menjadi kebutuhan. Secara teknis pertanyaan survei berisi spasial tata ruang, budi daya dan perlindungan. Adapun ujungnya untuk tingkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam survei ini juga melibatkan beberapa SKPD terkait, termasuk komunitas pariwisata dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Magelang. Secara teknis survei, Dinas Perhubungan konsentrasi dari sisi aksesbilitas, DPU PR sisi infrastruktur dan destinasi buatan, Disdikbud sisi cagar budaya dan seni budaya, Dinas Pertanian sisi Argowisata, BPBD mitigasi bencana.

Setelah disurvei kemudian data di workshop kan, data yang dihimpun tersebut akan digunakan sebagai acuan kebijakan Pemerintah Kabupaten Magelang. “Ada tim kecil yang menyusun buku laporan, kemudian di workshop kan dengan peserta yang sama untuk disempurnakan. Setelah itu akan dilaporkan kepada Pak Bupati Magelang.

BERITA REKOMENDASI