Donorejo, Desa Wisata yang Rawan Bencana

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Selama ini Goa Seplawan sudah menjadi ikon wisata menarik bagi Desa Donorejo Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo. Namun akses jalan menuju tempat wisata itu masih sangat terbatas. Belum lagi desa yang berada di ketinggian sekitar 800 meter DPL ini, termasuk desa rawan bencana, sehingga dikawatirkan akan menganggu kunjungan wisata di desa ini.

"Desa Donorejo ini memiliki aset wisata yang cukup menarik, tapi akses jalan menuju lokasi itu msih sangat terbatas sehingga menjadi kendala bagi wisatawan yang ingin mengunjungi tempat itu,” kata Kepala Desa (Kades) Donorejo Suparman, Minggu (27/10/2019) malam.

Di hadapan para pejabat Purworejo termasuk Bupati H Agus Bastian SE MM dan Wakil Bupati (Wabub) Hj Yuli Hastuti SH pada kegiatan tilik desa di Donorejo, Suparpam menjelaskan bahwa kendala lain yang kini dihadapi warganya, diantaranya karena lokasi desanya termasuk rawan bencana tanah longsor. “Sebagian tanah di sini sudah bergerak, termasuk di perbukitan lingkungan Goa Seplawan,” tandasnya.

Jika hal ini tidak segera diatasi lanjut Suparman, dikawatirkan bencana besar tanah longsor melanda wilayah desanya. “Sudah ada sekitar 10 kepala keluarga (KK) yang terpaksa mengungsi karena kondisi lahan di lingkungan rumahnya sudah tidak memungkinkan,” jelasnya.

Menanggpi hal itu Bupati Agus Bastian berharap agar masyarakat tidak berlebihan untuk meminta ganti rugi, ketika akan ada pembehasan lahan untuk pelebaran jalan. Juga mereka yang bermukim di daerah rawan bencana, agar dengan sukarela berpindah ke tempat lain yang aman. (Nar)

BERITA REKOMENDASI