Dorong Perekonomian Warga, PT Angkasa Pura 1 Salurkan Bantuan

MAGELANG, KRJOGJA.com – Suasana Balai Ekonomi Desa (Balkondes) 'Cokelat Ndesa' Bigaran Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang berbeda dari hari-hari biasanya, Jumat (22/11/2019) siang hingga sore. GM PT Angkasa Pura 1 (Persero) Bandara Adisutjipto dan Yogyakarta International Airport (YIA) Agus Pandu Purnama maupun lainnya hadir di Balkondes yang lokasinya tidak jauh dari kawasan batas wilayah Provinsi Jawa Tengah dengan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini. 

Dalam kegiatan penyerahan bantuan Program Bina Lingkungan dari PT Angkasa Pura 1 (Persero) ini juga dihadiri Waka Polres Magelang Kompol Eko Mardiyanto SH, Sekretaris Kecamatan Borobudur H Subiyanto SH maupun lainnya. Sebagai wujud komitmen PT Angkasa Pura I (Persero) sebagai salah satu BUMN pengelola bandara di Indonesia dalam ikut memajukan perekonomian masyarakat dan memberikan kontribusi pada masyarakat serta pengembangan daerah, PT Angkasa Pura I (Persero) melalui Program Corporate Social Responsibility (CSR) Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta menyalurkan bantuan Rp 685.449.000 berupa bantuan pengadaan peralatan dan pembangunan ruang produksi kakao, serta bantuan pengadaan perlengkapan produksi cokelat sebesar Rp 565.095.000.

Agus Pandu Purnama diantaranya mengatakan pada tahun 2017, PT Angkasa Pura I (Persero) telah meyalurkan bantuan pembangunan Joglo dan fasilitas Balkondes sebesar Rp 1 milyar. Secara bertahap dan berkelanjutan, di tahun 2017 juga telah disalurkan bantuan homestay sebesar Rp 1,7 milyar.

“Ini sudah menjadi tanggungjawab sosial kami sebagai BUMN. Balkondes Bigaran adalah desa wisata binaan yang merupakan wujud program Sinergi BUMN di kawasan Borobudur. Sebelumnya pun Angkasa Pura I telah memberikan bantuan secara bertahap untuk mengembangkan dan membangun fasilitas serta sarana prasarana. Sampai dengan saat ini, total bantuan yang telah disampaikan yaitu sebesar Rp 5 milyar,” katanya.

Penyaluran bantuan ini, menurut Pandu Purnama, diharapkan menjadi kontribusi positif bagi masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan melalui pengembangan usaha homestay, pembinaan potensi lokal, kuliner serta bentuk usaha lainnya.

Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang Romza Ernawan di forum ini menyampaikan apresiasi kepada PT Angkasa Pura I (Persero) atas kontribusi dan bantuan yang telah diberikan sampai dengan saat ini, khususnya di wilayah pengembangan Balkondes Bigaran.

“Sebagai etalase potensi kawasan desa wisata, pengembangan Balkondes Bigaran menjadi salah satu wujud PT Angkasa Pura I (Persero) dalam mendukung pengembangan pariwisata di sekitar Yogyakarta dan Jawa Tengah,” tambah Pandu Purnama.(Tha)

BERITA REKOMENDASI